SKRIPSI PGMI
Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca, Menulis, Dan Berhitung (Calistung) Pada Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah 01 Pringlangu Kota Pekalongan
Guru didalam dunia pendidikan adalah teladan bagi muridnya sebagaimana Rasulullah saw menjadi teladan bagi umatnya. Guru bersama orang tua yang bersungguh-sungguh dalam membimbing dan mendidik anak untuk rajin membaca dan belajar, tentu akan mengantarkan anak pada keberhasilan. Membaca, menulis, dan berhitung merupakan salah satu aktivitas yang paling penting dalam kegiatan belajar dan mengajar juga didalam kehidupan sehari-hari.
Rumusan masalah dalam skripsi ini meliputi: Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung pada siswa kelas I MII 01 Pringlangu dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung pada siswa kelas I MII 01 Pringlangu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bentuk kegiatan yang diupayakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung pada siswa kelas I MII 01 Pringlangu, serta untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung pada siswa kelas I MII 01 Pringlangu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitiannya yakni pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif miles dan huberman.
Hasil penelitian ini bahwa bentuk kegiatan yang diupayakan guru kelas I MII 01 Pringlangu dalam mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung yaitu, untuk mengatasi kesulitan membaca, menulis, dan berhitung dengan metode Drill atau pembiasaan, memberikan siswa latihan-latihan soal, metode membaca terbimbing dan pengajaran kembali. Faktor pendukung buku, dukungan dari keluarga, keadaan psikologi, keadaan jasmani dan kebutuhan siswa. Faktor penghambat malas, rendah diri, sarana dan prasarana, dan alat peraga edukatif.
19SK1923172.00 | SK PGMI 19.172 AEN u | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain