SKRIPSI PGMI
Pengaruh Persepsi Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Kreativitas Siswa Kelas V MI Walisongo Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan
Pembelajaran tematik merupakan model dari kurikulum terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran serta menggunakan prinsip PAKEM. Lembaga sekolah MI Walisongo, sudah menerapkan pembelajaran tematik sejak tahun 2015. Pembelajaran tematik yang telah dilakukan di madrasah tersebut dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan pemerintah. Akan tetapi kurangnya waktu dalam menyampaikan materi pembelajaran serta kurangnya sarana prasarana menjadi permasalahan tersendiri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Apakah terdapat pengaruh persepsi siswa pada pembelajaran tematik terhadap kreativitas peserta didik kelas V di MI Walisongo Kebonrowopucang dan Seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa pada pembelajaran tematik terhadap kreativitas siswa serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi siswa pada pembelajaran tematik terhadap kreativitas siswa kelas V MI Walisongo Kebonrowopucang.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (filed research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data dengan rumus regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: pertama, persepsi siswa pada pembelajaran tematik kelas V MI Walisongo Karangdadap Pekalongan termasuk dalam kategori sedang. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata sebesar 52,65 berada di kelas interval 46,4 – 58,5. Kedua, kreativitas siswa kelas V MI Walisongo Karangdadap Pekalongan termasuk dalam kategori sedang. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata sebesar 58,44 berada di kelas interval 50,3 – 66,5. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa pada pembelajaran tematik terhadap kreativitas siswa kelas V MI Walisongo Karangdadap Pekalongan. Setelah dilakukan analisis perhitungan dengan rumus regresi linier sederhana maka diperoleh perhitungan koefisiensi (R2) sebesar 26,3%. Hal ini dijelaskan, bahwa 26,3% kreativitas siswa kelas V MI Walisongo Karangdadap Pekalongan di pengaruhi oleh pembelajaran tematik. Dari hasil penelitian telah didapatkan thitung = 4,055 pada tingkat signifikan 5% nilai ttabel = 2,013 maka t hitung= 4,055 > ttabel = 2,013 dan nilai Fhitung sebesar 16,441 > Ftabel 4,05 sehingga H0 ditolak, Ha diterima. Maka disimpulkan variabel independen (pembelajaran tematik) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen (kreativitas siswa).
19SK1923170.00 | SK PGMI 19.170 MUN p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain