TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Pemasaran Produk Simpanan Sabara Di KSPPS Baiturrahmah Bojong Kabupaten Pekalongan
KSPPS Baiturrahmah Bojong dalam memperjualbelikan produk khususnya produk simpanan sabara dibutuhkan manajemen yang tepat salah satunya adalah strategi pemasaran. Simpanan sabara memiliki banyak keunggulan, meskipun demikian simpanan sabara tetap membutuhkan pengembangan strategi pemasaran yang tepat agar dapat melampaui target karena setiap produk memiliki target penjualan masing-masing. Produk simpanan sabara memiliki target 500-1000 anggota namun, dilihiat dari data setiap tahunnya, produk simpanan sabara belum mencapai target. Dalam menerapkan strateginya terdapat hambatan yang dihadapi. Oleh karena itu, permasalahan yang akan dibahas adalah bagaimana strategi pemasaran produk simpanan sabara dan faktor-faktor apa saja yang menghambat kegiatan pemasaran produk simpanan sabara di KSPPS Baiturrahmah Bojong. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemasaran yang digunakan dan faktor-faktor yang menghambat kegiatan pemasaran produk simpanan sabara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang data-datanya diperoleh langsung dari KSPPS Baiturrahmah Bojong, dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah manajer dan kabag marketing KSPPS Baiturrahmah Bojong. Objek penelitian ini adalah produk simpanan sabara di KSPPS Baiturrahmah Bojong. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengetahui strategi pemasaran produk simpanan sabara di KSPPS Baiturrahmah Bojong.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk simpanan sabara di KSPPS Baiturrahmah Bojong menggunakan cara menganalisis Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Segmentasi pasar sasaran yang akan dituju, kemudian memilih target yang akan dilayani, dan menganalisis posisi produk simpanan sabara dibandingkan produk simpanan yang lainnya. Selain itu, untuk mencapai sasaran, KSPPS Baiturrahmah juga menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Tidak semua komponen marketing mix diterapkan, hanya beberapa variabel saja yaitu strategi produk, strategi harga, strategi lokasi, strategi promosi, dan bukti fisik. Faktor yang mendukung kegiatan pemasaran yaitu hubungan yang baik dengan anggota dan sistem pemasaran yang sama (tanpa pembedan), sedangkan faktor yang menghambat kegiatan pemasaran antara lain banyaknya lembaga keuangan yang bermunculan, daya dukung masyarakat yang masih kurang, dan pemanfaatan teknologi yang belum maksimal.
19TA1940149.00 | TA D3-PBS 19.149 PAN s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain