SKRIPSI EKOS
Analisis Strategi Promosi Bisnis Online Pada Batik Laras Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam
Pemasaran merupakan aktivitas perencanaan, pelaksanaan dan
pengawasan atas program – program yang dirancang untuk menghasilkan
transaksi pada target pasar guna memenuhi kebutuhan perorangan atau kelompok
berdasarkan asas saling menguntungkan, melalui pemanfaatan produk, promosi
dan distribusi. Dalam fenomena yang ada banyak fenomena etika bisnis yang
dilanggar, yang sebelumnya secara promosi dalam bisnis online menyatakan
produk atau jasa yang menarik konsumen dengan produk yang baik dan tidak ada
cacat fisik ternyata banyak kasus yang didapati setelah menerima barang tidak
sesuai yang dipromosikan sebelumnya oleh pihak penjual. Di dalam promosi
pastinya penting menerapkan etika bisnis untuk bisa memberikan kenyamanan
terhadap konsumennya, adapun beberapa prinsip dalam etika bisnis yang harus
didasari yaitu salah satunya harus Unity (Kesatuan), Equilibrium (Keseimbangan),
Free Will (Kebebasan Berkehendak), Responsibility (Bertanggung Jawab),
Benevolence (Kebenaran)
Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi promosi bisnis
online pada toko Batik Laras ditinjau dari etika bisnis islam Kegunaan secara
teoritis Untuk menambah ilmu pengetahuan terkait tentang bagaimana mengetahui
strategi promosi bisnis online dan implementasi promosi bisnis online yang di
tinjau dari etika bisnis islam.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data
dengan analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Periklanan dengan melalui media
sosial contoh di akun media sosial instagram, facebook dan Whatshapp. Personal
selling, yang dimaksud bahwa Batik Laras Pekalongan selain melakukan promosi
lewat media sosial di Batik Laras juga melakukan promosi melalui tatap muka
atau lebih memperkenalkan produk ke masyarakat. Sales promotion, Batik Laras
Pekalongan memberikan diskon 30% sampai 50% kekonsumen atau reseller.
Publicity, Dalam publisitas yang dilakukan memperkenalkan produknya ke
konsumen secara face to face. Implementasi Promosi Bisnis Online Pada Batik
Laras Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam dalam Batik Laras implementasi promosi
bisnis online yang ditinjau secara etika bisnis islam dalam praktek bisnisnya
menggunakan 4 prinsip yaitu (Unity) kesatuan, (Equilibrium) keseimbangan,
(Free Will) kebebasan berkehendak dan (Benevolence) Kebenaran. Sedangkan
prinsip dalam etika bisnis islam (Responsibility) tanggung jawab tidak digunakan
dalam implementasi promosi bisnis online di Batik Laras Pekalongan tersebut.
19SK1941348.00 | SK EKOS 19.348 HAN a | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain