SKRIPSI EKOS
Pengaruh Religiusitas, Brand Liking, Sikap, Dan Norma Subyektif Terhadap Purchase Intention Produk Kosmetik Berlabel Halal (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan)
Intensi membeli termasuk dalam model perilaku konsumen yang
menunjukkan suatu proses dan variabel yang mempengaruhi perilaku konsumen
sebelum dan sesudah terjadinya pembelian. Tujuan dari model ini adalah untuk
menjelaskan bagaimana konsumen membandingkan dan memilih satu produk
yang sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada
tidaknya pengaruh faktor Religiusitas, Brand Liking, Sikap, dan Norma Subyektif
Terhadap Purchase Intention Produk Kosmetik Berlabel Halal.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif.
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN
Pekalongan tahun angkatan 2015-2017 dengan mengambil sampel sebesar 93
responden dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data
dengan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) religiusitas tidak berpengaruh
signifikan terhadap purchase intention ditunjukkan dengan nilai t hitung -1,073 <
t tabel 1,987 dan nilai signifikansi 0,286 > 0,05 (2) brand liking tidak berpengaruh
signifikan terhadap purchase intention ditunjukkan dengan nilai t hitung -0,616 <
t tabel 1,987 dan nilai signifikansi 0,540 > 0,05 (3) sikap berpengaruh signifikan
terhadap purchase intention ditunjukkan dengan nilai t hitung 5,421 > t tabel
1,987 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (4) norma subyektif berpengaruh
signifikan terhadap purchase intention ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,493 > t
tabel 1,987 dan nilai signifikansi 0,015 < 0,05 (5) berdasarkan hasil uji F
diketahui bahwa keempat variabel independen yang diteliti secara simultan
berpengaruh terhadap purchase intention ditunjukkan dengan F hitung sebesar
17,214 > F tabel 2,48 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 (6) nilai adjusted R
square sebesar 0,413, hal tersebut menunjukkan bahwa 41,3% variabel keputusan
pembelian dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen, sedangkan sisanya
sebesar 58,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar keempat variabel yang
digunakan dalam penelitian ini.
19SK1941302.00 | SK EKOS 19.302 SAR p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain