SKRIPSI EKOS
Analisis Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Keputusan Petani Menjual Bawang Merah Dengan Sistem Tebasan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Desa Banjaratma Kec. Bulakamba Kab. Brebes)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rangking pada faktor-faktor yang mempengaruhi petani bawang merah dan mengetahui bagaimana praktek jual beli bawang merah di Desa Banjaratma dalam perspektif etika bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner dan pendekatan kualitatif metode pengumpulan data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara. Populasi dalam penelitian adalah Petani bawang merah di Desa Banjaratma Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Sampel dalam penelitian ini diambil pada Petani bawang merah di Desa Banjaratma Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes dengan menggunakan metode Purposive Sampling, sedangkan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Terdapat 93 kuesioner yang dapat diolah dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis non parametrik dengan program IBM SPSS Statistic 20.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa peringkat atau rangking ke satu yaitu variabel pengalaman bertani, peringkat ke dua yaitu variabel umur, peringkat ke tiga yaitu variabel luas lahan, peringkat ke empat yaitu variabel pendapatan, dan peringkat ke lima yaitu variabel tingkat pendidikan.
Praktek jual beli bawang merah secara tebasan di Desa Banjaratma dalam perspektif etika bisnis Islam, ada yang sesuai dengan etika bisnis Islam dan ada yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam. Dalam transaksi jual beli yang sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu telah memenuhi semua rukun dan syaratnya, jual beli bawang merah secara tebasan ini di dalamnya mengandung manfaat dan saling menguntungkan. Praktek jual beli bawang merah yang tidak sesuai dengan perspektif etika bisnis Islam yaitu pada transaksi jual beli tidak adanya pencatatan dari kedua belah pihak padahal dalam pembayaran kebanyakan masih menggunakan sistem panjer.
19SK1941301.00 | SK EKOS 19.301 KOM a | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain