SKRIPSI EKOS
Persaingan Pengemudi Ojek Online Dan Ojek Pangkalan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Stasiun Pekalongan)
Perkembangan ojek online Go-Jek dalam usaha melebarkan sayapnya bisa terbilang meningkat tajam hal tersebut dibuktikan ojek online Go-Jek sudah merambah pasar kota-kota kecil tak terkecuali Kota Pekalongan. Masuknya Go-Jek di Kota Pekalongan adalah sebuah inovasi yang pasti akan mendapatkan polemik pro dan kontra mengingat Kota Pekalongan sejatinya juga banyak profesi ojek pangkalan dan sudah pasti akan menghasilkan sebuah persaingan antara pemain lama dan pemain baru untuk memperebutkan penumpang ojek. Pekalongan merupakan salah satu kota yang religius dimana semua masyarakat Pekalongan mempunyai agama dan mayoritas agama di Pekalongan adalah Islam. Jadi sudah seharusnya dalam melakukan kegiatan persaingan dalam mencari nafkah harus sesuai dengan etika bisnis Islam.
Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana kondisi persaingan pengemudi ojek pangkalan dan ojek online di stasiun Pekalongan dan bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persaingan tersebut dan bagaimana etika bisnis Islam meninjaunya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kasus (case study). Subjek penelitian ini adalah pengemudi ojek online dan ojek konvensional di area stasiun Pekalongan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer dari wawancara dan observasi yan telah dilakukan kepada pengemudi ojek. Data sekunder dari literatur buku-buku yang berhubungan dengan persaingan dan etika bisnis Islam. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat tiga jenis persaingan yaitu persaingan, layanan, persaingan harga dan persaingan tempat. Dari penelitian ini terdapat beberapa pengemudi yang dalam pelakksanaan sudah ada yang sesuai dengan etika Islam seperti bersikap sopan dan tidak memaksa calon penumpang dan ada yang tidak sesuai etika bisnis Islam yaitu dengan adanya menjatuhkan harga.
19SK1941274.00 | SK EKOS 19.274 DAR p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain