SKRIPSI EKOS
Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Social Media Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus DI IB Catering Pekalongan)
Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Social Media Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di IB Catering Pekalongan). Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing: H. Ahmad Rosyid, S.E., M.Si.
Komunikasi pemasaran merupakan aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran. Social media kerap dijadikan suatu alat atau media untuk melakukan strategi komunikasi khususnya untuk pemasaran. Contohnya strategi komunikasi pemasaran di social media yaitu twitter, instagram, youtube dan facebook. IB Catering atau Catering Ibu Hj. Bahiyah Pekalongan yaitu perusahaan yang bergerak di bidang jasa catering dalam menyediakan produk makanan dan minuman serta dekorasi untuk acara pesta wedding, pertemuan rapat, tasyakuran dan lain-lain. Komunikasi pemasaran melalui social media, IB Catering saat ini menggunakan facebook dan instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi komunikasi pemasaran melalui social media di IB Catering Pekalongan serta bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap strategi komunikasi pemasaran melalui social media di IB Catering Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Langkah-langkah penelitian terdiri dari metode pengumpulan data, validitas data, dan teknik analisis data. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sebagai alat pengecekan keabsahan data yang diperoleh. Adapun analisis data yang dilakukan oleh peneliti meliputi tiga kegiatan yaitu reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Catering Ibu Hj. Bahiyah telah menyadari pentingnya melakukan strategi komunikasi pemasaran melalui social media. Hal itu dibuktikan dengan adanya akun Instagram dan Facebook milik IB Catering Pekalongan, yang mana kedua akun tersebut sangat aktif untuk mengunggah kiriman foto maupun video. Selanjutnya bahwa strategi komunikasi pemasaran melalui social media IB Catering Pekalongan tidak ditemukan hal-hal yang bertentangan dengan prinsip-prinsip pemasaran syariah dan nilai-nilai etika bisnis Islam.
19SK1941220.00 | SK EKOS 19.220 CHA s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain