SKRIPSI EKOS
Implementasi Sistem Layanan Nasabah Prioritas Pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pekalongan Dalam Perspektif Ekonomi Islam
Ada tiga tujuan penulisan skripsi ini diantaranya (1) Menganalisis konsep
layanan implementasi nasabah prioritas pada PT. Bank BNIS Kantor Cabang
Pekalongan. (2) Menganalisis implementasi sistem layanan nasabah prioritas pada
PT.Bank BNIS Kantor Cabang pekalongan.(3)Menganalisis persepsi implementasi
sistem layanan nasabah prioritas pada PT. Bank BNIS Kantor Cabang
Pekalongan.
Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian (field research) dengan
pendekatan kualitif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan pihak bank
maupun nasabah prioritas. Data terkumpul dianalisis secara induktif untuk
memperoleh kesimpulan.
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di bab-bab sebelumnya
penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut. (1) konsep sistem layanan
nasabah prioritas di Bank BNIS Kantor Cabang Pekalongan mengacu pada
kebijakan pusat juga mengacu pada kearifan lokal. Disamping itu juga mengacu
pada nilai keislaman, yang dirumuskan dalam Islamic Priority Banking dan
mengacu pada peraturan BI. (2) Implementasi LNP di PT. Bank BNIS mengacu
pada (SOP),menentukan kriteria calon nasabah prioritas, memberikan layanan
prima menyediakan tempat Executive Launge dan layanan prioritas yang berbeda
dengan nasabah umum.(3) Persepsi nasabah prioritas tentang layanan prioritas
cukup beragam yaitu: pada aspek layanan masih kurang memuaskan karena masih
terbatasnya SDM , jumlah cabang terbatas dan sedikit bagi hasil, Pada aspek
jaringan offline belum memuaskan karena seringkali terjadi kendala teknis,pada
aspek infrastruktur misalnya Bank BNIS tidak memiliki kantor Priority Banking
seperti BNIS Emerald, jumlah cabang Bank BNIS masih terbatas. Sedangkan
keunggulannya banyak fasilitas yang di dapat seperti fasilitas mendapatkan
special birtday gift, pelayanan yang ramah serta diistimewakan,segera mengatasi
keluhan nasabah dilayani cepat, fasilitas lebih, layanan antrian prioritas dengan
menunjukkan kartu Zamrud Card dapat dijadikan sebagai agunan pembiayaan,dan
perlindungan asuransi. Dalam perspektif islam, pada hakikatnya manusia sama
derajatnya tidak ada perbedaan oleh jabatan, kekayaan serta pangkat yang
membedakan tingkat ketaqwaannya kepada Allah. Ekonomi islam dalam
pelayanan ektra mereka yang sudah memberikan kontribusi lebih untuk
perusahaan
19SK1941216.00 | SK EKOS 19.216 MEI i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain