SKRIPSI EKOS
Strategi Pemasaran Produk Gadai (RAHN) Dalam Menarik Minat Nasabah Pada Pengadaian Syariah Cabang Pekalongan
Pegadaian syariah dalam menjalankan operasionalnya berpegang kepada prinsip syariah, pinjaman dengan menggadaikan barang sebagai jaminan utang dilakukan dalam bentuk rahn. Strategi pemasaran pada dasarnya memberikan arah dalam kaitannya dengan variabel-variabel seperti segmentasi pasar, identifikasi pasar sasaran, positioning, elemen bauran pemasaran. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh penulis pada Pegadaian Syariah Cabang Pekalongan, bahwa dari beberapa produk yang ada di Pegadaian Syariah Cabang Pekalongan produk gadai (Rahn) yang sampai saat ini masih diminati oleh para nasabah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Pegadaian Syariah Cabang Pekalongan dalam melakukan pemasaran produk gadai (rahn) dalam menarik minat nasabah, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam melakukan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah pada produk gadai (rahn) dalam menarik minat nasabah dan untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yang diterapkan oleh Pegadaian Syariah Cabang Pekalongan dapat meningkatkan jumlah nasabah.
Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data adalah bersifat induktif yaitu pola pikir pada fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian diteliti, dianalisis, dan disimpulkan.
Hasil penelitian yaitu strategi pemasaran yang diterapkan oleh Pegadaian Syariah Cabang Pekalongan menggunakan strategi 4P. Product, pegadaian menawarkan sebuah solusi pendanaan yang cepat, praktis dan aman, dan pengembangan produk rahn yaitu rahn hasan memberikan pinjaman tanpa biaya mu’nah (biaya pemeliharaan) hanya administrasi saja. Price, Penetapan strategi harga produk gadai (rahn) dengan cara memberikan biaya ijarah yang murah serta uang pinjaman yang besar. Place, Pegadaian Syariah telah membuka UPC (Unit Pelayanan Cabang). Promotion, periklanan (advertising) baik dari mulut ke mulut seperti teman, istri, suami, dll, brosur, spanduk, radio, dan media sosial. Sedangkan untuk penjualan pribadi (personal selling) melalui karyawan Pegadaian Syariah adalah dengan melayani, mensosialisasikan kelebihan produk rahn dan melakukan sales promotion (promosi penjualan). Kendala yang dihadapi dalam melakukan strategi pemasaran yaitu tingkat persaingan, barang jaminan, dan promosi. Strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh Pegadaian Syariah Cabang Pekalongan ternyata mampu meningkatkan jumlah nasabah. Ini terbukti dengan peningkatan jumlah nasabah.
19SK1941207.00 | SK EKOS 19.207 FIT s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain