SKRIPSI EKOS
Strategi Pemasaran Islami Pada Home Industri Batik Dalam Peningkatan Penjualan (Studi kasus Zikin Design Pekalongan)
Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya, berkembang dan untuk mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis, tergantung pada keahlian mereka di bidang pemasaran, prosuksi, keuangan maupun bidang lain.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui penerapan strategi pemasaran Islami mengetahui kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran Islami pada home industri Zikin Design Pekalongan dalam meningkatkan penjualan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan segala sesuatu tentang etika bisnis Islam dan penerapan strategi pemasaran di Home Industri Zikin Design Pekalongan sesuai dengan apa yang didengar dan dilihat tanpa menguranginya.
Hasil penelitian ini adalah Home Industri Zikin Design dalam menjalankan usahanya, ada yang sesuai dengan pemasaran Islami dan kelebihan: lokasi Home Industri Zikin Design yang strategis, terdapat hak khiyar aib (hak untuk melangsungkan atau membatalkan akad karena adanya cacat pada barang), kebersihan dan kemudahan dalam mencari produk batik. Kelemahannya : kondisi cuaca yang tidak menentu, pengiriman bahan baku yang tidak tepat waktu dan jalan disekitar Home Industri Zikin Design yang banjir. Dilihat dari bauran pemasarannya : produk, harga, tempat, promosi dan orang sesuai dengan pemasaran Islami tidak menggunakan cara yang dilarang dalam Islam. Selain itu ada kelebihan dan kelemahan dalam proses prodiksi sampai dengan penjualan.
19SK1941166.00 | SK EKOS 19.166 CHU s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain