SKRIPSI EKOS
Pengaruh Promosi, Label Halal Dan BPOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan)
Perkembangan dunia bisnis di Indonesia semakin meningkat dan juga semakin menarik. Masyarakat hidup dengan kebutuhan dan keinginan yang semakin kompleks dan dinamis. Begitu pula dengan ilmu pengetahuan dan teknologi kini berkembang semakin pesat. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka kebutuhan hidup manusia kian berkembang. Tidak hanya kebutuhan akan sandang, papan, pangan, pendidikan dan kesehatan saja. Kebutuhan akan mempercantik diri pun kini menjadi prioritas utama dalam menunjang penampilan sehari-hari. Salah satu cara untuk mengubah penampilan atau mempercantik diri yaitu dengan menggunakan kosmetika. PT Paragon Technology Innovation merupakan salah satu produsen kosmetik halal yang populer di Indonesia melalui brand Wardah. Kesuksesan Wardah membangun citra sebagai kosmetik halal disebabkan oleh perilaku konsumen kelas menengah muslim khusususnya wanita sudah memahami manfaat halal dan menjadikannya sebagai salah satu alasan dalam keputusan pembelian.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan format eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini akan dilaksanakan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan terutama di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan sampel 80 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Responden dalam penelitian ini yaitu mahasiswa perempuan jurusan ekonomi syariah IAIN Pekalongan angkatan 2014 sampai 2017 yang masih aktif dan menggunakan kosmetik wardah. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah. Dengan nilai t hitung 2,792> t tabel 1,991, nilai signifikansi 0,007 ˂ 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,386. (2) Label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah. Dengan nilai t hitung 2,296> t tabel 1,991, nilai signifikansi 0,024 ˂ 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,422. (3) Bpom berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah. Dengan nilai t hitung 6,487> t tabel 1,991, nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,851. (4) Promosi, label halal, dan bpom berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah. Dengan nilai F hitung 29,292> F tabel 2,72 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (5) nilai adjusted R square sebesar 0,518. Artinya bahwa pengaruh variabel independen yaitu variabel promosi, label halal, dan bpom sebesar 51,8%. Sedangkan sisanya sebesar 48,2% di jelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
19SK1941156.00 | SK EKOS 19.156 WAT p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain