SKRIPSI EKOS
Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Promosi, Etika Konsumsi Islam Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Batik (Studi Kasus Pada Konsumen Muslim Griya Batik Mas Kauman Pekalongan)
Banyaknya gerai-gerai batik di Pekalongan, maka pengusaha industri batik harus memperhatikan strategi pemasarannya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan inovasi pada produk, harga yang di tawarkan serta promosi yang dilakukan untuk menarik minat konsumen dalam membeli. Selain itu pentingnya menerapkan etika konsumsi Islam dalam melakukan aktivitas konsumsi agar jauh dari sesuatu yang diharamkan di dalam Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inovasi produk, harga, promosi, etika konsumsi Islam terhadap keputusan konsumen muslim dalam membeli pakaian batik di Griya Batik Mas Kauman Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Griya Batik Mas Kauman Pekalongan dengan mengambil sampel 100 responden dengan mengunkan teknik Sampling Insidental. Responden dalam penelitian ini yaitu konsumen muslim yang berbelanja di Griya Batik Mas Kauman Pekalongan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) inovasi produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen muslim dalam membeli pakaian batik di Griya Batik Mas Kauman Pekalongan dengan nilai t hitung 2,553 > t tabel 1,985 (2) harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen muslim dalam membeli pakaian batik di Griya Batik Mas Kauman Pekalongan dengan nilai t hitung -2,724 > t tabel 1,985 (3) promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen muslim dalam membeli pakaian batik di Griya Batik Mas Kauman Pekalongan dengan nilai t hitung 2,472 > t tabel 1,985 (4) etika konsumsi Islam berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen muslim dalam membeli pakaian batik di Griya Batik Mas Kauman Pekalongan dengan nilai t hitung 2,705 > t tabel 1,985 (5) Berdasarkan uji F diketahui inovasi produk, harga, promosi, dan etika konsumsi Islam secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen muslim dalam membeli pakaian batik di Griya Batik Mas Kauman Pekalongan dengan F hitung 8,169 > F tabel 0,000 (6) Nilai adjusted R square sebesar 0,225. Nilai tersebut menunjukkan 22,5% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel inovasi produk, harga, promosi, etika konsumsi Islam sedangkan sisanya 77,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian ini.
19SK1941151.00 | SK EKOS 19.151 FAJ p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain