SKRIPSI EKOS
Pengaruh Faktor Gaya Hidup, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Miulan (Studi Kasus Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan)
Perkembangan trend fashion muslimah pada sekarang ini menjadi suatu perkembangan yang meningkat drastis dan menjadi salah satu usaha bisnis yang meningkat secara pesat. Masyarakat semakin mengerti dengan adanya trend fashion yang beredar menyebabkan para produsen produk muslim harus memutar otak dan lebih kreatif. Banyak hal yang dilakukan produsen untuk mengambil hati para konsumennya seperti dari pelayanan, harga, kualitas produk, promosi serta citra merek yang sangat diperhatikan agar mampu menarik para calon konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor gaya hidup, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian kerudung Miulan secara parsial dan simultan.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau field research, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk menentukan sampel yang diambil menggunakan random sampling. Sampel penelitian sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi berganda serta uji hipotesis dengan uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t variabel gaya hidup dengan nilai signifikasi 0,003 < 0,05, uji t variabel harga dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, uji t variabel citra merek dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kerudung Miulan. Hasil perhitungan statistik uji F menunjukkan nilai F hitung sebesar 44,035 > F tabel sebesar 2,70 serta nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,005 maka dapat disimpulkan bahwa gaya hidup, harga dan citra merek secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kerudung Miulan pada mahasiswi jurusan Ekonomi syariah IAIN Pekalongan. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh nilai adjusted R square sebesar 0,566 atau 56,6%. Hal ini berarti bahwa kontribusi variabel gaya hidup (X1), harga (X2) dan citra merek (X3) terhadap keputusan pembelian kerudung Miulan pada mahasiswi jurusan Ekonomi syariah IAIN Pekalongan (Y) sekitar 56,6% dan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti.
19SK1941149.00 | SK EKOS 19.149 DEW p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain