SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Salon Muslimah Kota Pekalongan)
Pemenuhan kualitas pelayanan, citra perusahaan dan kepuasan pelanggan menjadi salah satu faktor yang diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan pada Salon Muslimah Kota Pekalongan. Agar dapat bertahan, maka perusahaan tersebut dituntut lebih memperhatikan kualitas pelayanan, kebutuhan dan memberikan citra yang baik kepada pelanggan serta kepuasan pelanggannya terutama bagaimana cara mempertahankan loyalitas pelanggannya agar dapat memenangkan persaingan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan dan citra perusahaan berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan, apakah kepuasan pelanggan berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas pelanggan, apakah kualitas pelayanan dan citra perusahaan berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan yang melakukan perawatan rutin (member) di Salon Muslimah Kota Pekalongan sebanyak 222 pelanggan dengan sampel sejumlah 70 responden menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas pelayanan berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung > ttabel (2,814 > 1,995) dan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 (2) citra perusahaan berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung > ttabel (3,725 > 1,995) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (3) kualitas pelayanan berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai thitung > ttabel (3,538 > 1,995) dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 (4) citra perusahaan tidak berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas pelanggan dengan niali thitung < ttabel (-1,374 < 1,995) dan nilai signifikansi 0,174 > 0,05 (5) kepuasan pelanggan berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai thitung > ttabel (2,721 > 1,995) dan nilai signifikansi 0,008 < 0,05 (6) kualitas pelayanan berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening dengan pengaruh langsung < total pengaruh koefisien jalur (0,312 < 0,389) (7) citra perusahaan berpengaruh seacara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening dengan pengaruh langsung < total pengaruh koefisien jalur (-0,236 < -0,043)
19SK1941141.00 | SK EKOS 19.141 MAS p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain