SKRIPSI EKOS
Strategi Pemasaran Batik Minthen Pekalongan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam
Salah satu perusahaan batik yang ada di Pekalongan yaitu perusahaan Batik Minthen merupakan salah satu perusahaan Batik yang cukup besar, di wilayah Buaran dan sudah mempunyai nama dihati masyarakat. Produk dari perusahaan Batik Minthen sudah dikenal sampai luar kota Pekalongan bahkan sampai luar pulau Jawa.Mengingat persaingan perusahaan Batik di Pekalongan sangat ketat, jadi prinsip pemasaran 4P (Product, Price,Place, Promotion) harus benar-benar dipertahankan untuk menghadapi persaingan ini.Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan pada perusahaan Batik Minthen di kota Pekalongan Kedua untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran pada perusahaan Batik Minthen dalam perspektif etika bisnis Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Untuk mendapatkan data primer digunakan metode wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder dengan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisa. Untuk menganalisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif model interaktif.
Hasil analisis menunjukkan bahwa perusahaan Batik Minthen dalam strategi pemasaran produksi batik telah menjalankan dengan baik prinsip 4P (Product, Price, Place, Promotion) tanpa melupakan etika bisnis yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. yaitu dengan mengedepankan etika bisnis Islam yang sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan Al- Hadits.
19SK1941130.00 | SK EKOS 19.130 NOV s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain