SKRIPSI EKOS
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Toko Cerah Alumunium Kecamatan Limpung Kabupaten Batang)
Keberhasilan sebuah toko tidak terlepas dari kemampuan pemilik toko
dibidang pemasaran, terutama kebijaksanaan dan penetapan strategi pemasaran
agar pelanggan tetap loyal. Salah satunya yaitu bauran pemasaran 7p
(variabel produk, tempat harga, promosi, orang, proses dan bukti fisik). Oleh
karena itu dengan adanya fenomena inilah yang mendorong untuk melakukan
penelitian dengan judul “Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas
Pelanggan (Studi kasus pada Toko Cerah Alumunium kecamatan Limpung
kabupaten Batang)”.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik
pengambilan data dilakukan dengan cara pengisian angket. Pengambilan
sampel dilakukan dengan cara non probability sampling , sampel yang
digunakan sebanyak 100 orang. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi
berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial produk
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dibuktikan dengan thitung
thitung yaitu 4,787 > thitung 1,984 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.
Tempat berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dibuktikan dengan
thitung yaitu 2,497 > ttabel 1,984 dan tingkat signifikan 0,014 < 0,05. Harga
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, thitung 2,162 > ttabel 1,984
dan tingkat signifikan 0,033 < 0,05. Promosi berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan, dibuktikan dengan thitung 2,082 > ttabel 1,984 dan tingkat
signifikan 0,042 < 0,05. Orang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
pelanggan, dibuktikan dengan thitung 2,082 > ttabel 1,984 dan tingkat signifikan
0,040 < 0,05. Proses berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan,
dibuktikan dengan thitung yaitu 2,107 > ttabel 1,984 dan tingkat signifikan 0,038 <
0,05 Dan Bukti fiksik tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan,
di buktikan dengan thitung yaitu 0,716 < ttabel 1,984 dan tingkat signifikan 0,476 >
0,05. Secara Simultan, Produk, tempat, harga, promosi, orang, proses dan bukti
fisik berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, hal ini dibuktikan
dengan nilai Fhitung 54,061 yang lebih besar ftabel sebesar 2,10 pada tingkat
signifikasi 5%. Dengan signifikansi 0,000 dibawah 0,05.
Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, besarnya nilai Adjusted R Square
diperoleh sebesar 0,790 atau 79%. Hal ini menunjukkan bahwa besar kemampuan
mempengaruhi variabel independen (Produk, Tempat, Harga, Promosi, Orang,
Proses dan Bukti fisik) terhadap variabel dependen (Loyalitas Pelanggan) yang
dapat diterangkan oleh model persamaan ini sebesar 79% sedangkan sisanya
sebesar 21% dipengarui oleh faktor-faktor lain selain Produk, Tempat, Harga,
Promosi, Orang, Proses dan Bukti fisik .
19SK1941128.00 | SK EKOS 19.128 MAR p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain