TESIS PAI
Pelaksanaan Pendidikan Akhlak di MTs Satu Atap Syech Qurro Al Alawi Karawang
Pelaksanaan pendidikan akhlak khususnya di madrasah, dimaksudkan
agar sejak dini anak-anak diarahkan untuk memahami ajaran Islam khususnya
pendidikan akhlak secara utuh sebagai satu pendekatan ke arah perbaikan
pendidikan akhlak. Selain itu, pelaksanaan pendidikan akhlak merupakan proses
wajib bagi pembinaan akhlak yang harus selalu diformulasikan dengan tepat
sasaran. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis termotivasi untuk mengadakan
penelitian di MTs-SA Syech Qurro’ Al-Alawi Karawang.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana pelaksanaan
pendidikan akhlak di MTs-SA Syech Qurro’ Al-Alawi Karawang ? Apa saja faktor
pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan akhlak di MTs-SA
Syech Qurro’ Al-Alawi Karawang ?
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan
pendidikan akhlak dan faktor pendukung serta penghambat pelaksanaan
pendidikan akhlak di MTs-SA Syech Qurro’ Al-Alawi Karawang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi
partisipasi (partisipant observation), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
datanya dengan teknik analisis interkatif model Miles dan Huberman melalui
pemaknaan data yang tersaji. Dari penelitian ini akan diperoleh pengambilan
keputusan dengan menggunakan pola pikir dari fakta-fakta yang sifatnya khusus
kemudian digeneralisasikan kepada hal-hal yang bersifat umum, sehingga
penelitian ini akan membentuk uraian naratif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan akhlak
di MTs-SA Syech Qurro’ Al-Alawi Karawang yaitu bertujuan membentuk peserta
didik yang berakhlakul karimah, mempunyai keyakinan dan keimanan yang teguh
dan mengamalkan akhlak mulia secara benar dan konsekuen dengan diberikan
materi yang berupa rukun Iman, mengenal sifat-sifat Allah, dan materi akhlak
mulia seperti sifat khauf melalui metode pembiasaan, keteladanan seperti shalat
dhuha dan shalat dhuhur secara berjama’ah. Hal ini diimplementasikan dengan
strategi pendidikan akhlak dalam program harian, bulanan, dan tahunan yang ada
di MTs-SA Syech Qurro’ Al-Alawi Karawang. Adapun evaluasinya menggunakan
tiga bentuk evaluasi yakni tes lisan seperti hafalan dan tes tertulis seperti ulangan
harian, UTS dan UAS. Sedangkan faktor pendukungnya yakni adanya motivasi
dari orang tua dan guru, tersedianya sarana dan prasarana, dan adanya program
kegiatan keagamaan. Namun faktor penghambatnya adalah terpengaruh dengan
lingkungan di rumahnya, adanya hp dan game dalam gadget, adanya SDM yang
rendah, dan tidak adanya kejelasan hukum bagi pelanggar akhlak.
19TS1952049.00 | TS Pps.PAI 19.049 MUK m | My Library (Lantai 3 Referensi dan Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain