TESIS PAI
Peran Edukatif Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak (Studi Kasus pada Keluarga Nelayan di Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan)
Keterlibatan orang tua adalah suatu derajat yang ditunjukkan orang tua dalam hal ketertarikan, berpengetahuan, dan kesediaan untuk berperan aktif dalam aktivitas anak sehari-hari. Sebagian besar orang tua kurang terlibat langsung dengan kegiatan yang bersifat akademik, dikarenakan keterbatasan sebagai pendamping belajar anak. Tingkat pendidikan orang tua merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak. Semakin tinggi pendidikan dan wawasan yang dimiliki orang tua, semakin tinggi pengaruhnya dalam mendidik anak yang pada akhirnya meningkatkan motivasi belajar anak ke arah yang lebih baik. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul Peran Edukatif Orang tua dalam Memotivasi Belajar Anak (Studi Kasus pada Keluarga Nelayan di Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan).
Rumusan masalah yang penulis teliti adalah bagaimana peran edukatif orang tua dalam memotivasi belajar anak pada keluarga nelayan di Kecamatan Wonokerto, apa saja faktor pendukung dan penghambat peran edukatif orang tua dalam memotivasi belajar anak di Kecamatan Wonokerto, apa implikasi peran edukatif orang tua bagi motivasi belajar anak pada keluarga nelayan di Kecamatan Wonokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini dikategorikan penelitian lapangan (field research). Pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Edukatif yang dilaksanakan orang tua pada keluarga nelayan di Kecamatan Wonokerto, yaitu: menemani anak saat belajar, menyediakan tempat yang nyaman untuk belajar, memberikan penjelasan dan bimbingan kepada anak, mengajak anak untuk berdiskusi, memberikan motivasi kepada anak. Faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam melaksanakan peran edukatif untuk memotivasi belajar anak yaitu, faktor pendukung: semangat dalam diri anak, buku-buku penunjang yang lengkap, lingkungan yang kondusif, hadiah untuk anak yang berprestasi. Faktor penghambat: tingkat pendidikan orang tua yang rendah, keterbatasan waktu orang tua dalam mendampingi belajar anak, kondisi anak. Implikasi peran edukatif orang tua bagi motivasi belajar anak yaitu : orang tua yang melaksanakan peran edukatif, anak-anaknya mempunyai sikap disiplin yang tinggi. Orang tua yang melaksanakan peran edukatif, anak-anaknya mempunyai prestasi yang baik di sekolah. orang tua yang melaksanakan peran edukatif tidak mengalami masalah dalam mendorong anaknya untuk berprestasi.
19TS1952043.00 | TS Pps.PAI 19.043 ROC p | My Library (Lantai 3 Referensi dan Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain