SKRIPSI EKOS
Strategi Pemasaran Produk Jeans Di Home Industri Desa Galang Pengampon Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Dalam Perspektif Ekonomi islam
Pemasaran adalah suatu proses sosial di mana individu dan kelompok
mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan
mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya. Desa
Galang Pengampon adalah salah satu desa yang mayoritas masyarakatnya bekerja
di industri jeans. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengusaha jeans di desa
tersebut, tercatat ada 18 pengusaha jeans di desa Galang Pengampon. Secara
umum, masalah pemasaran pada industri jeans ini lebih kepada strategi
pemasarannya.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi
pemasaran produk jeans yang diterapkan pada home industri di Desa Galang
Pengampon dan strategi pemasaran jika ditinjau dari perspektif Islam. Tujuannya
untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan para pengusaha jeans dan
ditinjau dalam perspektif Islam. Kegunaan penelitian secara teoritis untuk
menambah informasi dan sebagai khasanah ilmu pengetahuan khususnya terkait
tentang strategi pemasaran dan menjadi bahan acuan dalam penelitian sejanis dan
pengembangan penelitian lebih lanjut, dan digunakan sebagai bahan pertimbangan
dan bahan evaluasi bagi bisnis usaha Islam pada umumnya dan menjadi indikator
bagi pembisnis Islam tentang hal-hal terkait pemasaran agar sesuai dengan
perspektif Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan deskriptif
kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pemasaran yang dijalankan oleh
para pengusaha jeans di desa Galang Pengampon secara tidak langsung telah
menggunakan strategi pemasaran salah satunya marketing mix (bauran
pemasaran). Sedangkan ditinjau dari perspektif Islam bahwa pemasaran yang
dijalankan selain menerapkan teori dan konsep strategi pemasaran, juga
menerapkan strategi pemasaran Islami yang terdiri atas tiga hal pokok pertama,
penerapan karakteristik pemasaran Islam; kedua, penerapan etika bisnis Islam;
ketiga, mencontoh praktik pemasaran Nabi Muhammad SAW.
19SK1941121.00 | SK EKOS 19.121 FAS s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain