SKRIPSI EKOS
Strategi Pemasaran Syariah Dalam Persaingan Usaha Ikan Asap (Studi Kasus Produsen Ikan Asap Kelurahan Pekajangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pemalang)
Strategi pemasaran syariah merupakan hal yang sangat penting bagi
produsen muslim untuk mencapai tujuan, sehingga untuk menjalankan suatu
usaha diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasaran. Salah
satunya dengan menerapkan strategi pemasaran syariah dalam menghadapi
persaingan. Kegiatan pemasaran umumnya memfokuskan diri pada produk,
penetapan harga, kebijakan distribusi, dan cara promosi yang dalam hal ini
dikenal sebagai bauran pemasaran. Kelurahan Pekajangan merupakan penghasil
ikan asap terbanyak, ikan asap diminati warga Pekalongan khususnya Kecamatan
Kedungwuni sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi produk,
place, price dan promotion dalam usaha ikan asap di Kelurahan
Pekajangan,kondisi persaingan ikan asap di Kelurahan Pekajangan dan penerapan
strategi pemasaran syariah dalam persaingan usaha ikan asap Kelurahan
Pekajangan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan dalam penentuan informan adalah
purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Untuk metode analisis data peneliti menggunakan analisis
deskriptif kualitatif yang dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu reduksi data,
penyajian data dan keabsahan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kondisi product, saluran
distribusi, harga dan promosi di Kelurahan Pekajangan sangat mementingan
kualitas dan mutu produk dengan mengutamakan hak khiyar bagi produk
jualannya, menentukan saluran distribusi, dengan mengutamakan tempat-tempat
yang sesuai dengan terget pemasaran sehingga dapat efektif dan efisien dengan
mendistribusikannya langsung ke pasar-pasar tanpa perantara, dan menetapkan
harga dengan keuntungan yang wajar, serta menggunakan potongan harga dalam
mempromosikan ikan asap. 2) kondisi persaingan ikan asap di Kelurahan
Pekajangan sangat ketat karena muncul para pesaing baru yang lebih unggul
dalam hal memperluas target pasar.Terdapat tiga unsur yang perlu dicermati
dalam membahas persaingan bisnis yaitu pihak yang bersaing, cara persaingan
dan produk/jasa yang dipersaingkan. 3) penerapan strategi pemasaran syariah
produsen ikan asap di Kelurahan Pekajangan telah menggunakan strategi dalam
pemasaran produknya seperti menerapkan prinsip prinsip muamalah, segala
bentuk muamalah adalah mubah, muamalah dilakukan atas dasar sukarela,
muamalah dilakukan atas dasar pertimbangan mendatangkan manfaat dan
menghindari mudharat, dan muamalah dilaksanakan dengan memelihara nilai
keadilan.
19SK1941119.00 | SK EKOS 19.119 FEB s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain