SKRIPSI EKOS
Strategi Pemasaran Pada Home Industry Batik HT Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Desa Simbang Wetan Gang 1 No. 37 Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan)
Strategi Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan
oleh para pengusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya,
berkembang dan untuk mendapatkan laba, untuk mencapai tujuan perusahaan
dalam jangka panjang serta prioritas alokasi sumber daya, strategi akan
memaksimalkan keunggulan kompetitif dan meminimalkan keterbatasan
baersaing. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis, tergantung pada
keahlian mereka di bidang pemasaran, prosuksi, keuangan maupun bidang lain.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan
pada usaha batik “HT” Pekalongan dan untuk mengetahui strategi pemasaran
Home Industy batik “HT” Pekalongan dalam perspektif etika bisnis Islam.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Data dikumpulkan dengan metode
wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif
kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan segala sesuatu tentang etika bisnis Islam
dan penerapan strategi pemasaran di batik “HT” Pekalongan sesuai dengan apa
yang didengar dan dilihat tanpa menguranginya.
Hasil penelitian ini adalah batik “HT” Pekalongan dalam menjalankan
usahanya, dilihat dari 4p variabel Bauran Pemasaran bahwa batik “HT” dalam
menjalankan place kurang strategis, promotion kurang dalam pemahaman IPTEK,
sedangkan dalam price dan product sudah sesuai, sedangkan dilihat dalam etika
bisnis Islam, ada pula yang sesuai dan tidak sesuai dengan etika bisnis Islam.
Untuk yang sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu bauran pemasarannya :
product, price, place dan promotion. Untuk yang tidak sesuai yaitu pengelolaan
limbah yang langsung dibuang ke saluran air dan tanpa ada pengolahan limbah
secara baik.
19SK1941108.00 | SK EKOS 19.108 MUF s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain