SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasn Pasien Rawat Jalan Pengguna BPJS Kesehatan Pada Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan seseorang setelah
membandingkan hasil yang dirasakan dengan harapannya. Untuk meningkatkan
kepuasan pasiennya khususnya pasien BPJS Kesehatan pihak rumah sakit,
peranan dokter, perawat maupun karyawan rumah sakit sangat menentukan
persepsi pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk
menguji ada atau tidaknya pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap
kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan pada Rumah Sakit Islam PKU
Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan
pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Islam PKU
Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dengan mengambil sampel sebanyak 100
responden pasien rawat jalan yang menggunakan kartu BPJS Kesehatan.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability
samplingdengan metodepurposive sampling. Sumber data menggunakan data
primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
kuesioner, dokumentasi dan kepustakaan. Metode analisis yang digunakan adalah
menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear
berganda serta uji hipotesis dengan uji t (parsial), uji F (simultan) dan koefisien
determinasi (R-squares).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) secara parsial, variabel kualitas
pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan
pengguna BPJS kesehatan pada Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah
Pekajangan Pekalongan dibuktikan dengan ttabel 1,984 thitung 1,510 dan signifikansi 0,134 > 0,05. (3)
Secara simultan, variabel kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh secara
signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pengguna BPJS kesehatan pada
Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dibuktikan
xi
dengan melalui uji F diperoleh Ftabel 3,09 < Fhitung 116,675. Kemudian koefisien
determinasi sebesar 0,700 yang menunjukkan bahwa 70,0% variabel kepuasan
pasien dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan fasilitas, sedangkan sisanya
sebesar 30,0% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian.
19SK1941099.00 | SK EKOS 19.099 SUR p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain