SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada Tabungan Sukarela Di KOPENA Pekalongan
Munculnya banyak lembaga keuangan yang beroperasi berdasarkan prinsip koperasi, merupakan suatu fenomena yang menarik untuk dicermati. Pertumbuhan lembaga keuangan yang pesat ini tidak terlepas dari peranan pemerintah yang memberikan kelonggaran dan kesempatan yang besar bagi lembaga keuangan koperasi yang tertuang dalam perundang-undangan. Untuk meningkatkan minat nasabah perusahaan harus memperhatikan tingkah laku nasabah selaku konsumen, serta memenuhi keinginan atau harapan konsumen. Oleh karena itu perusahaan harus mencermati perilaku konsumen dan faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, pemberian hadiah, dan lokasi terhadap minat menabung nasabah pada tabungan sukarela di KOPENA Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Tabungan Sukarela di KOPENA Pekalongan. Sampling yang digunakan adalah Non Probability sampling, dengan teknik Accidental Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden dari 1188. Sumber datanya berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert 1-5. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat menabung nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 (2) variabel pemberian hadiah berpengaruh terhadap minat menabung nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 (3) variabel lokasi tidak berpengaruh terhadap minat menabung nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,557 > 0,05 (4) Hasil uji F variabel kualitas pelayanan, pemberian hadiah dan lokasi berpengaruh terhadap minat menabung nasabah dengan nilai signifikansi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan Fhitung sebesar 28.483 > Ftabel sebesar 2.70. (5) nilai adjusted R2 sebesar 45,5 % yang berarti variabel kualitas pelayanan, pemberian hadiah, lokasi terhadap minat menabung pada produk Sukarela di KOPENA Pekalongan adalah sebesar 45.4%. Sedangkan 54.6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
19SK1941086.00 | SK EKOS 19.086 HUS p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain