SKRIPSI EKOS
Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Studi Kasus Pada Nafa Batik Pekalongan
Strategi pemasaran dapat dipahami sebagai logika pemasaran dengan unit usaha berharap dapat mencapai sasaran pemasarannya. Nafa batik merupakan usaha yang bergerak dalam bidang industri batik yang ada di Pekalongan berdiri sejak 1998. Produk yang paling banyak peminatnya di Nafa batik Pekalongan yaitu batik dengan corak monokrom hitam putih. Hal ini berbeda dengan batik khas yang ada di Pekalongan yang pada umumnya berwarna cerah dan terang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran yang ditinjau dari etika bisnis Islam yang diterapkan di Nafa batik sehingga usahanya mampu bersaing dengan pengusaha batik lain dan mampu bertahan sampai sekarang,
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi di NAFA batik Pekalongan sedangkan data sekunder penelitian ini diperoleh dari literatur, jurnal ilmiah, buku bacaan, dan catatan yang menunjang masalah teori tentang implementasi bauran pemasaran perspektif etika bisnis Islam.Teknik analisa data menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pemasaran yang dijalankan oleh Nafa batik secara tidak langsung telah menggunakan strategi pemasaran salah satunya marketing mix (bauran pemasaran). Sedangkan ditinjau dari perspektif Islam bahwa pemasaran yang dijalankan selain menerapkan teori dan konsep strategi pemasaran 4P, juga menerapkan strategi pemasaran Islami yaitu prinsip-prinsip etika bisnis dan penerapan karakteristik pemasaran Islam mencontoh praktik pemasaran Nabi Muhammad SAW.
19SK1941085.00 | SK EKOS 19.085 UYU i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain