TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Pemasaran Produk Simpanan Pendidikan (SIDIK) Di KSPPS SM NU Cabang Batang
Aktivitas pemasaran memiliki peranan penting dalam kegiatan usaha perusahaan maupun lembaga keuangan. Pada lembaga keuangan mikro seperti KSPPS SMNU Cabang Batang perlunya strategi pemasaran agar dapat bersaing pada pemasaran produk-produk serta jasa layananya, salah satu produk yang dimiliki KSPPS SMNU Cabang Batang adalah simpanan pendidikan. Dengan adanya strategi pemasaran yang tepat pada produk simpanan pendidikan diharapkan KSPPS SMNU Cabang Batang dapat melakukan proses pemasaran dengan baik dan maksimal sehingga KSPPS SMNU dapat ikut serta dalam memberikan langkah kemudahan bagi anak-anak bangsa dalam memperoleh pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur operasional produk simpanan pendidikan di KSPPS SMNU Cabang Batang dan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran pada produk Simpanan Pendidikan di KSPPS SMNU Cabang Batang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reaserch). Sumber datanya menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis datanya berupa analisis deskriptif kualitatif. Untuk menguji keabsahan data, menggunakan uji triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur operasional pada produk simpanan pendidikan di KSPPS SMNU Cabang Batang meliputi prosedur pembukaan rekening, prosedur penyetoran simpanan, dan prosedur penarikan Simpanan Pendidikan. Adapun strategi pemasaran pada produk Simpanan Pendidikan di KSPPS SMNU Cabang Batang adalah dengan menggunakan strategi bauran pemasaran yang meliputi produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), proses (prosess), dan bukti fisik (physical evidence). Selain itu strategi lain yang dilakukan adalah pembekalan pada marketing-marketing mengenai produk-produk KSPPS SMNU Cabang Batang khususnya produk SIDIK, strategi promosi dengan door to door atau dengan mendatangi anggota-anggota secara langsung, menjalin hubungan baik dengan anggota, marketing mendatangi secara langsung lembaga pendidikan untuk memberikan surat permohonan kerjasama serta menjelaskan lebih lanjut mengenai produk yang ditawarkan kepada pihak sekolah.
19TA1940126.00 | TA D3-PBS 19.126 DAR s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain