TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Buaran Pemasaran Pada Produk Simpanan Idul Fitri (Si fitri) Di KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi karena keberhasilan dalam memasarkan produk simpanan. Keberhasilan ini dapat dilihat dari perkembangan anggota yang selalu bertambah. Kegiatan dalam KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan pada umumnya sama dengan yang terdapat pada KSPPS/BMT atau Bank lainnya, yakni mengumpulkan dana dan menyalurkan dana. Simpanan unggulannya berupa Simpanan Si-Fitri, dimana peningkatan jumlah anggota Produk Simpanan Idul Fitri yang pesat, peningkatan tersebut terjadi karena jumlah anggota yang semakin bertambah. Hal tersebut menunjukkan bahwa simpanan idul fitri mampu menarik perhatian dan minat para calon anggotanya.
Dari latar belakang tersebut peneliti merumuskan masalah yaitu yang pertama bagaimana strategi bauran pemasaran simpanan idul fitri di KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan, yang kedua apa kendala yang dihadapi saat memasarkan produk simpanan idul fitri dan bagaimana solusinya.
Metode penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah metode kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) degan pendekatan kasus (Case Study). Adapun metode pengumpulan datanya dapat dilakukan dengan cara wawancara kepada Manajer dan Anggota atau Nasabah simpanan produk Si-Fitri KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan secara langsung terhadap objek yang menjadi fokus penelitian dan observasi untuk mengetahui suasana kerja di KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan serta dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi bauran pemasaran simpanan Idul Fitri atau Si-Fitri di KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan menerapkan 7P, product, strateginya dengan penamaan produk Si-Fitri dimana menggunakan akronim dari Simpanan Idul fitri penamaan Si-Fitri mudah dikenal dan menjual, price harga yang ditawarkan nominalnya ringan untuk kalangan menengah kebawah, place tempatnya sangat strategis sehingga mudah dijangkau oleh nasabah, promotion media brosur dan jemput bola, procces sangat mudah baik dari pendaftaran penyetoran ataupun penarikan, people untuk meningkatkan kualitaas layanan karyawan KSPPS BMT Mitra Umat sering mengikuti seminar, physic evidence internal sudah memuaskan namun dari eksternal kurang memuaskan.
Kendala yang dihadapi dalam strategi bauran pemasaran adalah masyarakat sekitar KSPPS BMT Mitra Umat belum memahami produk simpanan idul fitri, kurang ketertarikannya masyarakat dalam menabung, kurangnya perhatian terhadap promosi produk simpanan idul fitri, kurangnya sumber daya manusia yang melaksanakan pemasaran, kurannya jaringan dalam memasarkan produk.
19TA1940039.00 | TA D3-PBS 19.039 PRA s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain