TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Meningkatkan Loyalitas Nasabah Produk Tabungan Idul Fitri (Tafitri) Di KSPPS BTM Pekalongan Cabang Bligo
Loyalitas adalah komitmen nasabah bertahan secara mendalam untuk terus
berlangganan dan melakukan pembelian ulang produk/jasa terpilih secara
konsisten dan sukarela dan tidak terpengaruh terhadap daya tarik produk lain.
Untuk menumbuhkan loyalitas nasabah merupakan suatu hal yang tidaklah
mudah bagi perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
lapangan (Field Research). Dalam penelitian ini penulis menggunakan
pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian yang dipilih penulis adalah KSPPS BTM
Pekalongan cabang Bligo. Subjek dalam penelitian ini adalah KSPPS BTM
Pekalongan cabang Bligo. Objek penelitian ini adalah semua kegiatan yang
berkaitan dengan strategi meningkatkan loyalitas nasabah produk tabungan idul
fitri (tafitri). Sedangkan informan penelitian ini adalah manager, customer service
officer dan managemen pembiayaan. Metode pengumpulan data dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah metode
analisis deskriptif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi meningkatkan loyalitas
nasabah produk tabungan idul fitri (tafitri) di KSPPS BTM Pekalongan cabang
Bligo yaitu menggunakan 2 strategi, yaitu: yang pertama strategi yang berkaitan
dengan sikap kerja karyawan KSPPS BTM Pekalongan Cabang Bligo yaitu
memberikan pelayanan yang baik untuk nasabah, mengadakan breefing untuk
evaluasi, memberi motivasi untuk bersikap positif, komunikatif, serta
berpenampilan rapi dan sopan kemudian yang kedua strategi yang berkaitan
dengan promosi produk Tabungan Idul Fitri (TAFITRI). Faktor-faktor yang dapat
menambah loyalitas nasabah produk Tabungan Idul Fitri (TAFITRI) di KSPPS
BTM Pekalongan Cabang Bligo adalah reliability (keandalan), responsiveness
(ketanggapan), tangibles (bukti langsung), competence (kemampuan), acces
(mudah diperoleh), courtecy (keramahan), credibility (dapat dipercaya), security
(keamanan), understanding (memahami nasabah), communication (komunikasi).
19TA1940036.00 | TA D3-PBS 19.036 NUR s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain