TA PERBANKAN SYARIAH
Implementasi Mutu Pelayanan Paket Pinjaman Cemara Pada Koperasi Pemuda Buana (KOPENA) Pekalongan
Koperasi Pemuda Buana (KOPENA) Pekalongan adalah salah satu
lembaga yang bergerak di bidang simpan pinjam, dimana Koperasi
Pemuda Buana (KOPENA) menghimpun dana dari masyarakat yang
berbentuk tabungan kemudian disalurkan kepada masyarakat yang
berbentuk kredit atau pembiayaan yang bertujuan untuk meningkatkan dan
mensejahterakan masyarakat dalam bidang ekonomi. Untuk memberikan
pelayanan kepada nasabah atau calon nasabah, Koperasi Pemuda Buana
(KOPENA) mempunyai beberapa produk dan jasa yang siap bersaing
dengan lembaga keuangan lainnya.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi
Mutu Pelayanan Paket Pinjmana Cemara pada Koperasi Pemuda Buana
(KOPENA) Pekalongan dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi Implementasi Mutu Pelayanan Paket Pinjmana Cemara
pada Koperasi Pemuda Buana (KOPENA) Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) data
yang diperoleh langsung dari KOPENA Pekalongan, dengan pendekatan
penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data
primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi:
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu
menggunakan triangulasi data.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Mutu
Pelayanan Paket Pinjaman Cemara beberapa hal sudah sesuai dengan
prosedurnya akan tetapi khususnya untuk penaciran dana ternyata tidak
sesuai dengan prosedur yang ada. Adapun faktor yang mempengaruhi
mutu pelayanan yaitu faktor eksternal (persaingan lembaga keuangan dan
perkembangan teknologi di bidang keuangan perbankan) dan faktor
internal (sumber daya manusia).
19TA1940035.00 | TA D3-PBS 19.035 AGU i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain