TA PERBANKAN SYARIAH
Nilai-Nilai Etika Komunikasi Customer Service Dalam Pelayanan Nasabah Pada KSPPS BTM Pekalongan Cabang Bligo
Etika merupakan seperangkat prinsip moral yang membedakan mana yang
benar dan mana yang salah. Pemahaman tentang etika merupakan hal yang sangat
penting bagi lembaga keuangan perbankan karena perkembangan bank juga
sangat dipengaruhi oleh etika yang diterapkan bank tersebut, termasuk etika
dalam pelayanan. Pelayanan merupakan syarat utama bagi kelangsungan hidup
suatu bank. Dengan pelayanan dan etika yang baik serta kenyamanan yang
diberikan kepada nasabah dapat menentukan laju pertumbuhan suatu bank.
Sementara itu dalam perbankan, customer service merupakan salah satu bagian
yang berperan penting dalam pelayanan nasabah. Customer service berperan
dalam membina hubungan dengan nasabah serta menjaga nasabah lama agar tetap
menjadi nasabah bank. Untuk itu seorang customer service harus memiliki dasardasar
pelayanan yang baik.
Penulis meneliti bagaimana nilai-nilai etika komunikasi customer service
dalam pelayanan nasabah pada KSPPS BTM Pekalongan Cabang Bligo dengan
tujuan untuk mengetahui nilai-nilai etika komunikasi customer service dalam
pelayanan nasabah pada KSPPS BTM Pekalongan Cabang Bligo
Metode penelitian dalam tugas akhir ini menggunakan jenis penelitian
lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data
sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, interview atau
wawancara dan dokumentasi. Triangulasi yang digunakan triangulasi metode dan
triangulasi sumber. Metode analisis data yang digunakan metode analisis data
induktif dan metode analisis data deskriftif.
Penerapan nilai-nilai etika komunikasi customer service dalam pelayanan
nasabah pada KSPPS BTM Pekalongan Cabang Bligo telah ditetapkan dengan
baik sesuai dengan prosedur dan dengan kaidah etika islam. Dapat dilihat dari
Standar Operasional Prosedur (SOP) etika komunikasi dalam melayani nasabah
dan sistem etika islam.
19TA1940034.00 | TA D3-PBS 19.034 RIZ n | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain