TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Promosi Pada produk Deposito Di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekalongan
Pada era sekarang ini banyak tumbuh lembaga keuangan terutama perbankan syariah. pesatnya perkembangan bank syariah tidak sebanding dengan pengetahuan masyarakat Indonesia. Dengan hal itu maka akan terjadi kesenjangan produk dan jasa perbankan syariah. Strategi promosi yang baik membantu persatukan Lembaga Keuangan Syariah sebab Bank Muamalat Indonesia adalah salah satu bank syariah yang mempelopori berdirinya bank-bank syariah di Indonesia. Bank Muamalat adalah bank yang pertama di Indonesia yang konsep operasionalnya menggunakan prinsip syariah. Merupakan suatu kebutuhan jika masyarakat Indonesia menggunakan layanan produk dan jasa perbankan syariah agar dana yang di dapat halal.
Penelitian ini berlokasi di Bank Muamalat jl Hayam Wuruk Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti yang terlibat langsung dengan Bank Muamalat, sedangkan dokumentasi dilakukan dengan cara mengumpulkan dokumen-dokumen yang ada hubungannya dengan strategi promosi produk deposito.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa Deposito merupakan salah satu produk unggulan dengan akad mudharabah dimana dengan akad ini nasabah akan mendapatkan bagi hasil. Produk Deposito di Bank Muamalat mengalami peningkatan 0,001% hingga 0,05%. Hal tersebut dikarenakan Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekalongan telah melakukan strategi promosi melalui berbagai macam cara, diantaranya: media iklan, publisitas dan personal selling dengan menggunakan langkah- langkah fisik, non-fisik serta kultur.
19TA1940049.00 | TA D3-PBS 19.049 UMA s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain