TA PERBANKAN SYARIAH
Analisis Strategi Segmentasi, Targeting Dan Positioning Dalam Produk SARIYA (Simpanan Hari Raya) Di Kopena Kota Pekalongan
Strategi pemasaran merupakan salah satu faktor penentuan keberhasilan suatu perusahaan karena itu pemasaran selalu memperoleh posisi penting dan dipandang sebagai jantung suatu perusahaan. Salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan adalah strategi segmenting, targeting dan positioning. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning dalam produk Sariya di Kopena Kota pekalongan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitan lapangan (field research) yang data-datanya diperoleh langsung dari Koperasi Kopena Kota Pekalongan. Sedangkan pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang penulis gunakan yaitu dengan metode deskriptif.
Berdasarakan hasil penelitian dapat diketahui dari letak geografis yang berdekantan dengan pasar grogolan dan grosir batik Pekalongan yang bisa dijadikan sasaran utuk tabungan Sariya dan dari segmentasi demografis yaitu penghasilan yang dipilih oleh Kopena kota Pekalongan dalam memasarkan produk Sariya adalah wirausaha, dengan prosentase targetnya adalah pedagang yang ada dipasar Grogolan yang bisa mencapai 30% dan di Grosir Batik Pekalongan 20%, Kopena juga mempertimbangkan strategi kwaliatasnya yaitu dengan adanya dorprise dan mendapatkan souvenir diproduk Sariya, yang membedakan dengan koperasi lain adalah sembako yang sudah ditata rapi menggunakan box¸ dengan cara tersebut anggota tabungan Sariya menerimanya dengan baik, dimana anggota tabungan Sariya agar mempertahankan tabungannya di akhir periode.
19TA1940082.00 | TA D3-PBS 19.082 NAS a | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain