TA PERBANKAN SYARIAH
Implementasi Service Excellence Pada Front-Liner Di BNI Syariah Cabang Pekalongan
Service excellence berarti memberikan pelayanan yang terbaik sehingga nasabah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Dalam penelitian ini penulis akan meneliti implementasi service excellence pada front-liner di BNI Syariah. Penulis akan mengulik bagaimana mekanisme dan penerapan standar pelayanan service excellence yang diberikan kepada nasabah oleh petugas front-liner BNI Syariah Cabang Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi service excellence yang diterapkan pada bagian front-liner yaitu meliputi customer service, teller dan satpam. Tujuan diterapkan service excellence adalah untuk menjaga loyalitas nasabah dan meningkatkan jumlah nasabah BNI Syariah Cabang Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan lokasi di BNI Syariah Cabang Pekalongan dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara. Teknik pengumpulan data sekunder diperoleh dengan observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa service excellence yang diterapkan BNI Syariah berpedoman pada kertas kerja perusahaan. Standar pelayanan pada kertas kerja bertujuan untuk menjaga konsistensi pemberian pelayanan yang terbaik kepada nasabah, unggul dalam layanan dan kinerja. Standar layanan kerja ini diterapkan oleh semua petugas front-liner, baik customer service, teller dan satpam. Standar pelayanan service excellence pada petugas front-liner di jelaskan melalui konsep 6A yaitu Ability (kemampuan), Attidute (sikap), Appearance (penampilan), Attention (perhatian), Action (tindakan).
19TA1940092.00 | TA D3-PBS 19.092 YUN i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain