TA PERBANKAN SYARIAH
Persepsi Anggota Terhadap Aplikasi Bahtera Mobile Di KSPPS BMT Bahtera Pekalongan
Masih jarangnya penggunaan teknologi mobile banking di ranah BMT, maka selaku pegiat koperasi untuk lebih profesional dan amanah, KSPPS BMT Bahtera Pekalongan melakukan pembaharuan layanan dengan meluncurkan sistem Mobile banking dengan ini dinamakan Bahtera Mobile yang berorientasi pada nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi persepsi anggota terhadap aplikasi Bahtera Mobile di KSPPS BMT Bahtera Pekalongan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang data-datanya diperoleh langsung dari KSPPS BMT Bahtera Pekalongan, dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Direktur Pemasaran, Customer Service, Marketing Divisi Digital, dan anggota. Objek penelitian ini adalah aplikasi Bahtera Mobile di KSPPS BMT Bahtera Pekalongan. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu data induktif, data deskriptif, dan triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi aplikasi Bahtera Mobile di KSPPS BMT Bahtera Pekalongan memberikan banyak kemanfaatan bagi anggota pengguna maupun dari pihak KSPPS BMT Bahtera sendiri. Diantaranya, mengurangi pekerjaan karyawan yang menumpuk jadi sedikit terkurangi dan memberikan lapangan pekerjaan bagi yang memanfaatkannya. Persepsi anggota tentang implementasi aplikasi Bahtera Mobile, bahwa aplikasi Bahtera Mobile sangat membantu anggota KSPPS BMT Bahtera yang menggunakan fasilitas Bahtera Mobile untuk mempermudah bertransaksi, juga membuka lapangan pekerjaan bagi yang memanfaatkannya.
19TA1940108.00 | TA D3-PBS 19.108 FUA p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain