TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Hari Raya (TARIYA) Di KSPPS BTM Pekalongan Cabang Sragi
Strategi promosi suatu produk mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk menarik minat masyarakat. Agar produk laku dijual kepada masyarakat atau nasabah, maka masyarakat harus tau kehadiran produk serta kelebihan produk tersebut dibandingkan dengan produk pesaing. Cara untuk memberitahukan kepada masyarakat adalah melalui promosi. Promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabahnya. Sarana promosi yang dapat digunakan adalah periklanan, promosi penjualan, personal selling dan publisitas.
Berdsarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi KSPPS BTM Pekalongan Cabang Sragi terhadap tabungan hari raya (TARIYA), dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan pengahmat KSPPS BTM Pekalongan Cabang Sragi dalam menjalankan strategi promosinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Sedangkan dalam metode analisis data menggunakan metode deskriptif.
Berdasakan hasil penelitian, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh KSPPS BTM Pekalongan Cabang Sragi menggunakan empat sarana promosi yaitu periklanan, promosi penjualan, personal selling, publisitas. Promosi dengan periklanan melalui brosur dan spanduk. Personal selling dilakukan dengan informasi, penjelasan dan menggambarkan tentang produk serta pelayanan yang baik yang diberikan oleh peruahaan. Sementara untuk publisitas KSPPS BTM Pekalongan Cabang Sragi hanya mengikuti kegiatan pameran pesta giling tebu yang ada di prabrik gula sragi. Dan untuk promosi penjualan dilakukan dengan cara pemberian bonus gelas cantik dan kalender. Namun keempatnya merupakan kegiatan yang saling mendukung, di media iklan sebagai dalam publisitas, promosi penjualan dan personal selling.
19TA1940106.00 | TA D3-PBS 19.106 SAF s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain