SKRIPSI PAI
Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banurip Ageng Kota Pekalongan
Latar belakang penelitian ini adalah Guru sebagai pendidik merupakan faktor yang paling penting dalam dunia pendidikan, dan gerbang awal dalam membentuk kepribadian para peserta didik, karena bagi siswa, seorang guru, khususnya guru PAI sering dijadikan tauladan maupun panutan yang baik. Oleh sebab itu guru PAI memiliki peran sebagai pemimpin yang memiliki perilaku dan kemampuan yang memadai untuk membentuk serta mengembangkan karakter peserta didik sesuai ajaran agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana karakter peserta didik di MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng kota Pekalongan, bagaimana peran guru PAI dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng kota Pekalongan dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng kota Pekalongan. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui karakter peserta didik di MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng kota Pekalongan, untuk mengetahui peran guru PAI dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng kota Pekalongan, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghamat dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng kota Pekalongan.
Jenis Penelitian ini yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode atau teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, dimana analisis data dalam penelitian deskriptif kualitatif, dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai mengumpulkan data dalam periode tertentu, dengan langkah-langkahnya yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan
Hasil dari penelitian yang dapat disimpulkan adalah: bahwa karakter peserta didik di MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan dalam berperilaku maupun bersikap sudah menunjukkan hasil yang baik dan telah mampu mengapresiasikan dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agama Islam seperti sikap religius, sikap disiplin, dan sikap tanggung jawab. Peran guru PAI dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan telah menunjukkan hasil yang optimal dalam berperan sebagai inspirator, motivator, dinamisator, dan evaluator bagi peserta didik. faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng kota Pekalongan adalah faktor pendukungnya dengan adanya peraturan yang dibuat oleh sekolah dari mulai kegiatan pembiasaan yang mewajibkan semua peserta didik untuk
ix
melaksanakannya, fasililitas sarana dan prasarana yang ada di madrasah sudah memadai, materi-materi yang diajarkan sudah sesuai apa yang diharapkan, serta guru-guru juga mengawasi apa yang sudah ada dalam peraturan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnnya adalah sikap anak didik itu sendiri yang kadang belum bisa tepat waktu, perilaku peserta didik ada beberapa yang kadang melakukan berbuat tidak baik, sebagian dari sarana dan prasarana juga menjadi penghambat, karena belum mempunyai tempat ibadah sendiri di lingkungan sekolah, dan waktu mengawasi peserta didik diluar kegiatan belajar mengajar juga merupakan kendala bagi guru karena tidak bisa mengawasi secara langsung.
19SK1921483.00 | SK PAI 19.483 KHA p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain