SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Karakter Di Boarding School MA Subhanah Subah Batang
Latar belakang penelitian. Pendidikan sebagai upaya pembentukan karakter
adalah bagian integral dari orientasi pendidikan Islam. Tujuannya adalah
membentuk kepribadian seseorang agar berperilaku jujur, baik dan
bertanggungjawab, menghormati dan menghargai orang lain, adil, tidak
diskriminatif, egaliter, pekerja keras dan karakter-karakter unggul
lainnya.Pendidikan karakter ini diharapkan dapat membentuk perilaku yang baik,
jujur, berakhlak mulia dan menjadi manusia yang insan kamil. Realitanya
pendidikan saat ini terus di hadapkan pada perkembangan sosial yang terus
berubah, bergerak dan berkembang secara signifikan, seperti meluasnya peredaran
obat terlarang, narkotika, pergaulan bebas, tawuran remaja, pengaruh media sosial
yang negatif, sehingga menjadi tantangan dan kekhawatiran bagi orang tua dalam
mendidik dan membentuk kepribadian anaknya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi
pendidikan karakter di boarding school MA Subhanah Subah Batang dan apa
faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter di boarding
school MA Subhanah Subah Batang. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui
implementasi pendidikan karakter di boarding school MA Subhanah Subah
Batang dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi
pendidikan karakter di boarding school MA Subhanah Subah Batang. Jenis
Penelitian ini yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber
data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode
atau teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data model Miles
dan Huberman, dimana analisis data dalam penelitian deskriptif kualitatif,
dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai
mengumpulkan data dalam periode tertentu, dengan langkah-langkahnya yaitu
reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil dari penelitian yang dapat disimpulkan adalah: bahwa Implementasi
pendidikan karakter di boarding school MA Subhanah Subah Batang sudah
berjalan dengan baik itu dibuktikan dengan adanya kurikulum, jadwal
pelaksanaan kegiatan harian yang dapat memantau kegiatan peserta didik, metode
pembelajaran, bentuk nilai-nilai pendidikan karakter di boarding school MA
Subhanah Subah Batang ada 9 nilai pendidikan karakter yaitu religius, jujur,
sopan santun, kasih sayang, tolong menolong, disiplin, bertanggung jawab,
mandiri, peduli lingkungan, yang sudah tetanam pada diri peserta didik dan
mampu mengaplikasikannya dengan baik, mengenai evaluasi pengasuh boarding
school mengadakan tes tertulis atau tes lisan. Faktor pendukung dan penghambat
dalam implementasi pendidikan karakter di boarding school MA Subhanah Subah
xi
Batang adalah adanya guru yang kompeten ahli dibidangnya serta dapat digugu
dan ditiru dan menciptakan lingkungan yang kondusif, selain itu dengan adanya
peraturan yang telah dibuat oleh sekolah dari mulai kegiatan yang mewajibkan
semua peserta didik untuk melaksanakannya, materi-materi yang diajarkan sudah
sesuai apa yang diharapkan, sedangkan faktor penghambat implementasi
pendidikan karakter di boarding school MA Subhanah Subah Batang adalah
sarana dan prasarana yang belum lengkap, dan juga belum memadai.
19SK1921482.00 | SK PAI 19.482 HID i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain