SKRIPSI PAI
Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Guru PAI harus bisa menjadi sosok pembangkit semangat, pendorong potensi dan penggerak aksi. Siswa yang memiliki motivasi rendah , tidak semangat, tanpa masa depan, dan tidak mempunyai cita-cita, akan didorong untuk aktif bersemangat, menetapkan masa depan, dan mempunyai cita-cita setingg ilangit. Motivasi belajar siswa adalah kecenderungan siswa untuk menemukan aktivitas belajar yang bermakna dan berharga, siswa memerlukan motivasi untuk proses perkembangan belajarnya. Makin tepat motivasi yang diberikan, akan makin berhasil pula pelajaran itu.
Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan apa saja faktor yang memengaruhi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalahperan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, yaitu peran guru PAI sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator dan fasilitator, evaluator. Sedangkan faktor yang memengaruhi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, yaitu 1) faktor internal yang meliputi faktor fisik dan faktor psikologi, 2) faktor eksternal yang meliputi faktor lingkungan sosial sekolah, faktor lingkungan sosial masyarakat, dan faktor lingkungan keluarga.
19SK1921480.00 | SK PAI 19.480 KHO p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain