SKRIPSI PIAUD
Implementasi Pengembangan Empati Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran Pada Kelompok B Di TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari Kota Pekalongan
Anak usia dini merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Empatimerupakansuatuaktivitasuntukmemahamiapa yang sedangdipikirkandandirasakan orang lain, sedangkan metodebermain itu sendiri, salah satu yang dapat meningkatkan pembangunan karakter anak nantinya khususnya tentang sikap dan bagaimana perilakunya sehari-hari. Dalam pelaksanaan di lembaga pendidikan, metode yang cocok untuk mengembangkan empati melalui metode bermain peran.
Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini mengangkat permasalahan : 1) bagaimana implementasi pengembangan empati pada anak usia dini melalui metode bermain peran pada kelompok B di TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari Kota Pekalongan, dan 2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat pengembangan empati pada anak usia dini melalui metode bermain peran pada kelompok B di TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari Kota Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research). Sumber data pada skripsi ini adalah siswa-siswi kelompok B, guru dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data dengan model analisis Miles dan Hubberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikansimpulan/ verifikasi.
Implementasi pengembangan empati anak usia dini melalui metode bermain peran di TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari Kota Pekalongan proses pembelajaraan sentranya dengan empat pijakan main yaitu pijakan lingkungan main, pijakan awal main, pijakan saat main dan pijakan setelah main. Media pembelajaran menggunakan alat peraga yang sudah tersedia atau dari berbagai sumber seperti internet, membuat alat peraga sendiri atau yang lainnya. Sistem evaluasi yang digunakan di lembaga tersebut dengan menggunakan ceklis, catatan anekdot, dan hasil karya. Faktor pendukung implementasi pengembangan empati anak usia dini melalui metode bermain peran pada pembelajaran sentra main peran di TK Muslimat NU Masyithoh 08 Kramatsari Kota Pekalongan : Penataan tempat yang baik, peran wali murid. Sementara itu, faktor penghambatImplementasi pengembangan empati anak usia dini melalui metode bermain peran pada pembelajaran sentra main peran di TK Muslimat NU
viii Masyithoh 08 Kramatsari Kota Pekalongan : instrumen penilaian yang rumit, kondisi anak didik, dan alat peraga yang belum memadai.
19SK1924047.00 | SK PIAUD 19.047 MAU i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain