SKRIPSI PIAUD
Penerapan Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Di TK Islam Futuhiyyah Doro Pekalongan
Dalam rangka mewujudkan insan kamil sesuai dengan ajaran agama, maka perlu adanya peningkatan mutu dalam proses pendidikan yang salah satunya dengan mengedepankan aspek budi pekerti, moral dan kepribadian yang terwujud dalam karakter religius disetiap individual peserta didik. Karakter religius merupakan pikiran, perkataan, dan tindakan seseorang diupayakan selalu berdasarkan pada nilai-nilai ketuhanan dan ajaran agama. Hakikat pembiasaan sebenarnya berintikan pengalaman, pembiasaan adalah suatu yang diamalkan, pembiasaan selalu menjadi satu rangkaian tentang perlunya melakukan pembiasaan- pembiasaan yang dilakukan di setiap harinya. Melalui pembiasaan sholat dhuha, TK Islam Futuhiyyah Doro Pekalongan mengharapkan siswa mampu memiliki nilai- nilai karakter religius yang diajarkan melalui kegiatan-kegiatan keagamaan di sekolah. Pembiasaan sholat dhuha inilah yang dijadikan sebagai pembiasaan yang dapat menanamkan karakter religius pada diri siswa.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah:”(1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter religius melalui pembiasaan sholat dhuha di TK Islam Futuhiyyah Doro Pekalongan ?”, “(2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan pendidikan karakter religius melalui pembiasaan sholat dhuha di TK Islam Futuhiyyah Doro Pekalongan?”.
Penelitian ini termasuk peneliti lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di Tk Islam Futuhiyyah Doro Pekalongan menerapkan pendidikan karakter religius melalui pembiasaan sholat dhuha. TK Islam Futuhiyyah Doro Pekalongan melakukan usaha melalui bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan seperti halnya dengan adanya pelaksanakan pembiasaan sholat yang diawali dengan wudhlu kemudian adzan yang diikuti doa sesudah adzan dan iqomah dan dilanjutkan pelaksanaan sholat dari niat hingga salam. Dalam pelaksanaannya terdapat nilai-nilai pendidikan karakter, nilai- nilai keagamaan, kesahajaan, keberanian yang terkandung di dalam pembiasaan sholat dhuha. Dan aspek yang dicapai melalui sholat dhuha yaitu, aspek iman, islam, ihsan, dan ilmu. Adapun faktor pendukung lingkungan sekolah yang mendukung, semangat yang kuat dari diri anak sendiri dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, adanya kerjasama dari berbagai pihak di sekolah dengan orang tua murid. Adapun faktor penghambatnya kurang mencukupinya tempat wudhu dengan banyaknya jumlah siswa, selain itu kondisi emosional anak.
19SK1924044.00 | SK PIAUD 19.044 CHO p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain