SKRIPSI PIAUD
Peranan Aktivitas Finger Painting Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok B2 Di TK Al Irsyad Al Islamiyah Comal Pemalang
Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk menghasilkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dari yang sudah ada. Pada dasarnya kreativitas anak usia dini masih terus dikembangkan melalui sebuah aktivitas yang ada di sekolah salah satunya aktivitas finger painting yaitu aktiviatas melukis dengan jari-jari. Aktivitas kegiatan pembelajaran tersebut digunakan untuk mengembangkan suatu kreativitas anak usia dini.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Bagaimana peranan aktivitas finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini kelompok B2 di TK Al Irsyad Al Islamiyah Comal Pemalang? Dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat peranan aktivitas finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini kelompok B di TK Al Irsyad Al Islamiyah Comal Pemalang.
Dalam memahami persoalan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya aktivitas finger painting dapat mengembangkan kreativitas pada anak usia dini kelompok B2 di TK Al Irsyad Al Islamiyah Comal Pemalang. Mulai dari aspek aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode yang digunakan metode unjuk kerja, penugasan dan hasil karya. Metode tersebut memudahkan seorang guru dalam aktivitas finger painting.
19SK1924043.00 | SK PIAUD 19.043 WUL p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain