SKRIPSI PIAUD
Penerapan Model Pembelajaran Sentra Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal AUD Di Kelompok B2 Rait Ulul Albab Pesindon Kota Pekalongan
Anak Usia Dini adalah anak-anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun. Pada masa tersebut juga disebut sebagai masa golden age yang mana merupakan masa yang tepat untuk menggali potensi serta kecerdasan anak, salah satunya kecerdasan interpersonal. Kecerdasan ini merupakan keterampilan seseorang dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Kecerdasan interpersonal merupakan salah satu keterampilan yang perlu untuk dimiliki oleh setiap individu sebagai bekal di masa depan. Kecerdasan ini perlu dikembangkan sedini mungkin agar perkembangannya sesuai dengan tahapan usia anak. Sebagai tenaga pendidik idealnya dalam proses pembelajaran guru harus memperhatikan model pembelajaran yang digunakan. Adapun model pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu mengembangkan kecerdasan interpersonal adalah model pembelajaran sentra. RAIT Ulul Albab Pesindon Kota Pekalongan merupakan salah satu lembaga PAUD yang sudah menerapkan model pembelajaran sentra. Model pembelajaran sentra merupakan serangkaian tempat atau area kerja yang memberikan wilayah kerja mandiri pada anak namun tetap memiliki keterkaitan dengan ruangan aktivitas keseluruhan.
Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran sentra dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal AUD di kelompok B2 RAIT Ulul Albab Pesindon Kota Pekalongan? Dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran sentra dalam mengembangkkan kecerdasan interpersonal AUD di kelompok B2 RAIT Ulul Albab Pesindon Kota Pekalongan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena peneliti berminat menelaah dan menganalisis mengenai penerapan model pembelajaran sentra dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal AUD di kelompok B2 RAIT Ulul Albab Pesindon Kota Pekalongan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini penerapan model pembelajaran sentra dalam mengambangkan kecerdasan interpersonal AUD melalui 3 proses yakni perencanaan dengan menyusun RPPM & RPPH, pelaksanaan meliputi 4 pijakan main, dan evaluasi. Kegiatan main dalam model pembelajaran sentra dapat membantu mengambangkan kecerdasan interpersonal AUD. Sedangkan faktor pendukungnya adanya alat dan bahan main dan adanya kerjasama antara guru, orang tua, dan teman-teman. Faktor penghambatnya kurangnya SDM, mood anak, dan lingkungan tempat tinggal anak.
19SK1924033.00 | SK PIAUD 19.033 RIZ p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain