SKRIPSI PIAUD
Implementasi Metode Karyawisata Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di PAUD Cahaya Ananda Pekajangan Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan
Lingkungan dan alam merupakan dasar yang pemikiran yang sangat penting bagi awal perkembangan pola pikir anak. Melalui lingkungan dan alam, anak bebas beraktivitas dan mengembangkan kemampuan. Kegiatan kecil dapat dilakukan dari literatur alam. Misalnya anak dapat melukis pemandangan, menggambar hewan, berbicara tentang indahnya warna bunga dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan kecil semacam itu dapat mengembangkan potensi anak. Aktivitas yang bertumpu pada kecerdasan naturalis memiliki cakupan yang luas. Mulai dari perkebunan, pertanian, peternakan, langit, gunung sampai lautan. Anak usia dini umumnya telah memiliki ketertarikan terhadap hewan-hewan piaraan. Mereka mulai memahami bahwa hewan-hewan yang mereka pelihara membutuhkan makanan. Perkembangan naturalistik anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan.
Rumusan masalah penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Apakah Implementasi Metode Karyawisata dapat Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di PAUD Cahaya Ananda Pekajangan Kedungwuni Pekalongan. Tujuan dan kegunaan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Metode Karyawisata dapat Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di PAUD Cahaya Ananda Pekajangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.
Metode penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan yaitu model penelitian kelas Suharsimi Arikunto antara lain: siklus yang berisi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kecerdasan naturalis anak usia dini melalui metode karyawisata. Kecerdasan naturalis anak pada pra siklus belum sempurna dikarenakan belum menggunakan metode karyawisata. Dilakukan metode karyawisata siklus I untuk meningkatkan kecerdasan naturalis dan mengalami peningkatan dibandingkan dengan pra siklus, akan tetapi belum optimal. Pada siklus II dilakukan kegiatan karyawisata kembali ke tempat wisata yang berbeda dan kecerdasan naturalis anak mengalami peningkatan yang optimal. Upaya Peningkatan kecerdasan naturalis anak usia dini di PAUD Cahaya Ananda melalui metode karyawisata terjadi peningkatan, dari kegiatan pra siklus 20% menjadi 40% pada siklus I, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 40% dari 40% menjadi 80%.
19SK1924030.00 | SK PIAUD 19.030 SET i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain