SKRIPSI PAI
Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Tadarus Al Qur'an Pagi Terhadap Kemampuan Membaca Al Qur'an Siswa MTS NU Tirto Pekalongan
Kemampuan Membaca dipengaruhi oleh faktor fisik, faktor sosial, dan
faktor psikologis. Dalam penelitian ini yang diduga mempengaruhi kemampuan
membaca adalah kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan tadarus al-qur’an
pagi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama,
bagaimana kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan tadarus Al-Qur’an pagi
di MTs NU Tirto Pekalongan, kedua, bagaimana kemampuan membaca Al-
Qur’an siswa MTs NU Tirto Pekalongan, ketiga, Adakah pengaruh kedisiplinan
siswa dalam mengikuti kegiatan tadarus Al-Qur’an pagi terhadap
kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs NU Tirto Pekalongan. Tujuan
penelitian ini adalah ntuk mengetahui bagaimana kedisiplinan siswa dalam
mengikuti kegiatan tadarus Al-Qur’an pagi di MTs NU Tirto Pekalongan, untuk
mengetahui bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs NU Tirto
Pekalongan, untuk mengetahui Adakah pengaruh kedisiplinan siswa dalam
mengikuti kegiatan tadarus Al-Qur’an pagi terhadap kemampuan membaca
Al-Qur’an siswa MTs NU Tirto Pekalongan.
Adapun kegunaan yang diharapkan dari pembahasan penelitian ini untuk
memberikan pengetahuan dan wacana tentang pengaruh kedisiplinan siswa dalam
mengikuti kegiatan tadarus al-qur’an pagi terhadap kemampuan membaca alqur’an
siswa MTs NU Tirto Pekalongan. Pendekatan penelitian ini adalah
kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) Metode
pengumpulan data menggunakan metode angket, dan dokumentasi. Teknik
analisis datanya menggunakan analisis statistik dengan rumus regresi linier
sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, Kedisiplinan Siswa mts NU
Tirto Pekalongan dalam kategori cukup tinggi dengan hasil rata-rata 66, kedua,
Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siwa mts NU Tirto Pekalongan dalam kategori
cukup tinggi, dengan hasil rata-rata 31, ketiga, Hasil analisis pengaruh
kedisiplinan siswa terhadap kemampuan membaca al-qur’an siswa menunjukan
tidak ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan siswa dengan kemampuan
membaca al-qur’an siwa, dimana dimana T test = 0,181 pada tingkat signifikasi
5% nilai ttabel = 2,000 maka ttest = 0,181 < ttabel 2,000 sehingga Ho diterima, Ha
ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel independen tidak berpengaruh
secara signifikan terhadap variabel dependen. Dengan demikian hipotesis yang
penulis ajukan bahwa kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan tadarus alqur’an
pagi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca alqur’an
siswa MTs NU Tirto Pekalongan tidak dapat diterima kebenarannya.
19SK1921476.00 | SK PAI 19.476 FAH p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain