SKRIPSI PAI
Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Moga Kabupaten Pemalang
Latar belakang dalam penulisan skripsi ini adalah kecerdasan emosional menjadi faktor yang mempengaruhi prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan pentingnya kecerdasan emosional juga ditunjukkan pada penelitian yang dilakukan oleh Goleman bahwa kecerdasan intelektual atau Intelligence Quotient (IQ) hanya menyumbang 20% bagi kesuksesan, sedangkan 80% adalah sumbangan faktor kekuatan-kekuatan lain, diantaranya adalah kecerdasan emosional atau Emotional Quotient (EQ) yakni kemampuan memotivasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol desakan hati, mengatur suasana hati, berempati dan kemampuan bekerja sama. Banyak contoh disekitar kita membuktikan bahwa orang yang memiliki kecerdasan intelektual saja belum tentu sukses berkiprah di dunia pekerjaan.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga. Bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga dan adakah korelasi antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga, untuk mengetahui seberapa besar prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga dan untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga.
Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendektan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah : metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa Kecerdasan emosional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 3 termasuk dalam kategori sedang. Dimana diperoleh hasil perhitungan nilai rata-rata kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga sebesar 103,22. Nilai tersebut berada pada interval 87, 581 - 118, 859 yang masuk dalam kategori sedang. Kemudian Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga berdasarkan hasil analisis data diketahui termasuk dalam kategori sedang. Dimana diperoleh hasil perhitungan nilai rata-rata prestasi belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 84,088. Nilai tersebut berada pada interval 76,72 – 91,456 yang masuk dalam kategori sedang.
19SK1921474.00 | SK PAI 19.474 ANN k | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain