SKRIPSI PAI
Pengaruh Kepatuhan Melaksanakan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa SMPN 9 Kota Pekalongan
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang secara sistematis melakukan program bimbingan, pengajaran dan latihan dalam rangka membantu siswa untuk mengembangkan potensinya. Kepatuhan melaksanakan tata tertib sekolah merupakan salah satu upaya untuk melatih kedisiplinan siswa. Disiplin dapat diartikan sebagai suatu keadaan tertib dimana guru dan anak didik yang tergabung tunduk pada tata tertib yang telah ditentukan dengan senang hati.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana gambaran kepatuhan melaksanakan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa SMPN 9 Kota Pekalongan? (2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kepatuhan melaksanakan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa SMPN 9 Kota Pekalongan?. Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui gambaran kepatuhan melaksanakan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa SMPN 9 Kota Pekalongan, (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kepatuhan melaksanakan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa SMPN 9 Kota Pekalongan.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun variabel independennya adalah Kepatuhan Melaksanakan Tata Tertib, variabel dependennya adalah Kedisiplinan Siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 68 siswa, jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan teknik proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan rumus analisis regresi linear sederhana
Berdasarkan hasil penelitian ini, kepatuhan melaksanakan tata tertib SMPN 9 Kota Pekalongan masuk dalam kategori baik, hal ini terlihat dari deskriptif presentase hasil angket sebanyak 77,87%. Kedisiplinan siswa SMPN 9 Kota Pekalongan masuk dalam kategori baik, hal ini terlihat dari deskriptif presentase hasil angket sebanyak 75,42%. Hasil analisis pengaruh kepatuhan melaksanakan tata tertib terhadap kedisiplinan siswa SMPN 9 Kota Pekalongan menunjukkan adanya pengaruh sebesar 7,3% antara kepatuhan melaksanakan tata tertib terhadap kedisiplinan siswa SMPN 9 Kota Pekalongan. Selanjutnya pada tingkat signifikan 5% nilai ttabel = 1,996 maka ttes = 2,501> ttabel = 1,996, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, dan pada taraf signifikan 1% nilai ttabel = 2,652 maka ttes = 2,501 < ttabel = 2,652, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepatuhan melaksanakan tata tertib terhadap kedisiplinan siswa SMPN 9 Kota Pekalongan.
19SK1921473.00 | SK PAI 19.473 SAR p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain