SKRIPSI PAI
Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Audiovisual Di SMA Islam Plus Al Bayan Wiradesa Kab. Pekalongan
Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangat
dibutuhkan. Media pembelajaran merupakan alat bantu bagi guru untuk
mempermudah dalam penyampaian materi pembelajaran dengan baik. Maka tugas
guru PAI adalah mampu dalam pemanfaatannya sehingga proses belajar mengajar
menjadi efektif dan efisien. Khususnya media audiovisual, yang mana media
audiovisual dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran,
selain itu media audiovisual juga dapat memberikan gambaran/pengalaman
kepada siswa secara konkrit.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini, adalah 1) Bagaimana
inovasi guru pendidikan agama Islam dalam pemanfaatan media pembelajaran
audiovisual di SMA Islam Plus Al-Bayan wiradesa Kab. Pekalongan? 2) Apa saja
faktor penghambat dan pendukung inovasi guru PAI dalam pemanfaatan media
audiovisual di PAI di SMA Islam Plus Al-Bayan Wiradesa Kab. Pekalongan?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana inovasi guru
PAI dalam pemanfaatan media pembelajaran audiovisual. 2) Untuk
mendeskripsikan apa saja faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam
pemanfaatan media pembelajaran audiovisual.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan simpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, ada empat inovasi yang
dilakukan oleh guru PAI, yaitu inovasi dalam penggunaan metode outdoor
learning (pembelajaran diluar kelas), alat evaluasi pembelajaran interaktif, video
pembelajaran powtoon dan pemanfaatan youtube untuk pembelajaran. Kedua,
inovasi guru pendidikan agama Islam di SMA Islam Plus Al-Bayan dapat
membuat suasana kelas kondusif dan semakin hidup. Inovasi juga dapat
menambah minat siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan fokus dan
antuasias sehingga proses pembelajaran PAI di SMA Islam Plus Al-Bayan
menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu inovasi guru dalam pemanfaatan
media audiovisual juga dapat membentuk dan menanamkan karakter siswa yang
mandiri, komunikatif dan gemar membaca. Ketiga, faktor penghambat inovasi
guru dalam pemanfaatan media audiovisual yaitu kurangnya kesiapan guru dalam
mendesain pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan media audiovisual.
Sedangkan faktor pendukungnya adalah minat siswa terhadap pemanfaatan media
audiovisual adalah mendapat respon yang baik dari siswa.
19SK1921472.00 | SK PAI 19.472 WIB i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain