SKRIPSI PAI
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Guru PAI Di SMP Negeri 3 Wonokerto
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat memerlukan model yang
tepat dalam proses pembelajaran agar siswa lebih paham materi Pendidikan
Agama Islam melalui penerapan model tersebut, agar kegiatan belajar mengajar
akan melahirkan interaksi unsur-unsur manusiawi sebagai suatu proses dalam
mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Guru berkewajiban
menyediakan lingkungan belajar yang kreatif di kelas agar siswa bersemangat
untuk selalu belajar dan belajar, terutama mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
yang relatif banyak pembahasan materinya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model
pembelajaran problem based learning (PBL) guru PAI di SMP Negeri
3Wonokerto, Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan model PBL
dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Wonkerto. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan penerapan model PBL guru PAI dalam proses belajar
mengajar di SMP Negeri 3 Wonokerto, untuk mengetahui mendeskripsikan faktor
apa saja yang mempengaruhi model pembelajaran Problem Based Learning guru
PAI di SMP Negeri 3 Wonokerto. Kegunaan penelitian dapat menambah ilmu
pengetahuan serta membangkitkan semangat dan kreatifitas guru dalam belajar
siswa.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode
pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data menurut
Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
problem baased learning (PBL) Guru PAI di SMP Negeri 3 Wonokerto, sesuai
dengan sintaks dari model pembelajaran PBL. Kegiatan pembelajaran diawali
dengan pemberian materi kepada siswa. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian
masalah yang relevan dengan materi pelajaran. Lalu masalah yang ada
didiskusikan per kelompok dan kemudian dipraktekkan solusi atau pemecahan
masalahnya di depan kelompok lain agar kelompok lain dapat saling mengamati.
Model PBL ini sejalan dengan teori konstruktifisme yang membuat proses belajar
siswa menjadi lebih berkualitas. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan
model pembelajaran problem based learning secara umum berdasarkan observasi
di lapangan dan hasil wawancara dengan guru PAI yang bersangkutan ialah:
Kesiapan guru dan siswa dalam belajar mengajar, sifat dari model pembelajaran
PBL, tingkat koordinasi siswa, dan ketersediaan media.
19SK1921468.00 | SK PAI 19.468 DAR p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain