SKRIPSI PIAUD
Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (TK) Sekolah Alam Bandung Tahun 2018-2019
Jumlah pelaku wirausaha di Indonesia belum menyentuh angka ideal.
Akibatnya banyak terjadi pengangguran terdidik. Pendidikan yang mengacu
pada pengembangan jiwa kewirausahaan merupakan solusi yang tepat untuk
menyelesaikan permasalahan ini. Kegiatan pendidikan kewirausahaan
tersebutdiantaranya yaitu progam cooking class, market day, dan outing.
Adapun rumusan pada skripsi ini yaitu: Bagaiamana implementasi
pendidikan kewirausahaan pada anak usia dini Taman Kanak-kanak di Sekolah
Alam Bandung tahun ajaran 2018-2019, bagaimana peran guru dan wali murid,
dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini bertujuan
Untuk mendiskripsikan implementasi pendidikan kewirausahaan pada anak usia
dini di Taman Kanak-kanak Sekolah Alam Bandung, peran guru dan wali murid,
dan faktor pendukung dan penghambatnya.
Desain penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan
kualitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field risearc),
teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, metode
wawancaradan metode dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada 3 progam kegiatan
kewirausahaan, yaitu: cooking class, market day, dan outing. Adapun faktor
pendukungnya adalah kondisi emosional peserta didik dalam keadaan baik,
dukungan dari orang tua, lingkungan anak merespon dengan baik, sarana dan
prasarana memadai dari sekolah, bimbingan dari guru. Sedangkan faktor
penghambatnya adalah emosional anak yang sedang tidak bisa dikondisikan,
tidak adanya motivasi dari lingkungan anak, orang tua yang sibuk, terbatasnya
sarana dan prasarana, dan kelalaian guru.
19SK1924029.00 | SK PIAUD 19.029 ZUL i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain