SKRIPSI PIAUD
Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Di RAM NU Masyithoh 07 Pabean Pekalongan
Di zaman modern ini, banyak orang yang belum bersikap mandiri dan masih bergantung kepada orang lain, terutama pada anak usia dini yang diberi perhatian lebih oleh orangtuanya. Namun, dalam penerapan kemandirian terhadap anak haruslah diajarkan dengan menarik, supaya anak tertarik untuk mengikutinya dan bisa terus menerus terbiasa dengan hal yang baik. Maka dari itu guru berperan penting dalam mengembangkan kemandirian anak di sekolah. Dari sinilah, penulis menemukan adanya masalah, yaitu: saat proses pembelajaran, hampir ibu-ibu dari anak tersebut ikut masuk untuk mengamati anaknya saat kegiatan sedang berlangsung, ataupun hanya sekedar melihat anaknya dari luar jendela, karena hal tersebut bisa menyebabkan anak menjadi tidak fokus dan yang ada hanya melirik atau bahkan langsung menemui ibunya.
Adapun rumusan masalah pada skripsi ini yaitu Bagaimana peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak di RAM NU Masyitoh 07 Pabean Pekalongan? dan Apa faktor pendukung dan penghambat peran guru mengembangkan kemandirian anak kemandirian anak di RAM NU Masyitoh 07 Pabean Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kemandirian anakdi RAM NU Masyitoh 07 Pabean Pekalongan dan untukmengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru mengembangkan kemandirian anak kemandirian anak di RAM NU Masyitoh 07 Pabean Pekalongan.
Desain penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field risearch), tekinik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini di RAM NU Masyitoh 07 Pabean Pekalongan dengan melalui pembiasaan hidup rapi dan bersih, memotivasi anak untuk tidak malas-malasan, melalui bermain peran, melalui metode bercerita dan melalui lagu, dengan pembuktian ketika pembelajaran berlangsung guru tersebut memberikan psehingga lambat laun kemandirian anak menjadi berkembang, yang tadinya masih ditunggu di sekolah menjadi berani sekolah sendiri. Adapun faktor pendukungnya adalah kreativitas guru dengan berbagai media pembelajaran misalnya guru mengajak anak-anak nya untuk bermain di luar sekolah atau outbond, dan semangat dan kesadaran guru sangat tinggi dengan datang lebih awal dan telaten dalam memandirikan anak, Sedangkan faktor penghambatnya dengan pembuktian sikap orangtua yang masih memanjakan anaknya dengan menunggu mereka di dalam kelas dan karakter anak yang masih belum mau ditinggal oleh orangtuanya karena takut atau malu jika ditinggal sendiri di sekolah.
19SK1924028.00 | SK PIAUD 19.028 AMA p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain